home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sering Bingung dan Hal Buruk Lainnya yang Bisa Terjadi Saat Kurang Tidur

Sabtu, 29 Juli 2017 21:00 by fzhchyn | 1802 hits
Sering Bingung dan Hal Buruk Lainnya yang Bisa Terjadi Saat Kurang Tidur
Image source: photostock

DREAMERS.ID - Disadari atau tidak, tidur seringkali menjadi hal mewah pada kehidupan manusia saat ini. Menurut penelitian terakhir dikatakan bahwa lebih dari 1 miliar orang kurang tidur. Salah satu penyebab utamanya adalah pemakaian ponsel atau gadget lainnya secara berkepanjangan hingga mampu memangkas jam tidur.

Sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa kurang tidur bisa membuat sakit baik secara fisik dan mental. Dilansir dari Bold Sky, berikut adalah hal-hal yang bisa terjadi pada tubuh saat kurang tidur.

1. Daya tahan tubuh menurun
Tidur menjadi salah satu cara tubuh dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga saat tidur, maka pertahanan tubuh pun menjadi tidak maksimal. Hasilnya tubuh menjadi mudah terserang penyakit.

2. Kesehatan jantung terganggu
Menurut beberapa penelitian kesehatan, kurang tidur mampu membuat kesehatan jantung terancam. Sebab saat tubuh kurang tidur, jantung tidak mampu memompa darah dalam jumlah yang normal sehingga akan menyebabkan penyakit jantung.

3. Kanker
Kurang tidur dapat meningkat risiko terkena kanker. Hal ini lagi-lagi disebabkan karena daya tahan tubuh yang melemah sehingga produksi sel kanker menjadi lebih ganas.

4. Sering bingung
Sering merasa bingung menjadi salah satu dampak buruk dari kurang tidur. Sebab kurang tidur mampu membuat kemampuan otak menjadi berkurang. Kita tidak bisa berpikir jernih sehingga dapat mempengaruhi saat beraktivitas.

Baca juga: Latihan Fisik Para Artis Korea yang Bisa Kamu Tiru untuk Tetap Bugar

5. Pelupa
Saat otak mendapatkan sinyal dari tubuh bahwa kekurangan tidur, maka seluruh proses berpikir menjadi kusut. Otak tidak mampu berkonsentrasi dan kurang fokus, hasilnya kita menjadi mudah lupa.

6. Kenaikan berat badan
Ingin terhindar dari kegemukan? Cobalah untuk tidur secara teratur dengan waktu tidur yang cukup. Sebab saat tidur kurang dari 5 jam setiap hari, maka akan terjadi kenaikan berat badan dengan cepat.

7. Diabetes
Saat tubuh kurang tidur, tingkat insulin akan meningkat. Dan hasilnya risiko diabetes pun akan meningkat.

8. Kehilangan kendali
Karena tidur mampu membuat kurang fokus, maka tubuh akan mudah kehilangan kendali. Bisa saja kita jadi sering jatuh, tidak sengaja menjatuhkan saat memegang barang, atau kurang kontrol saat mengendarai kendaraan.

9. Mempengaruhi kecantikan
Ingin selalu terlihat cantik dan awet muda? Rahasianya ada pada tidur yang cukup. Hal ini disebabkan saat kurang tidur, maka akan mudah muncul garis halus, kerutan, dan pigmentasi di kulit. Tentu saja hal tersebut akan mempengaruhi kecantikan.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)