home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mahasiswa Unair Surabaya Ciptakan Charger Smartphone dari Suhu Tubuh

Selasa, 01 Agustus 2017 10:51 by fzhchyn | 1189 hits
Mahasiswa Unair Surabaya Ciptakan Charger Smartphone dari Suhu Tubuh
Image source: Unair

DREAMERS.ID - Smartphone sudah menjadi barang wajib yang dimiliki setiap orang, khususnya generasi milenial yang melek teknologi dan menggunakan perangkat mobile tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Namun karena sering digunakan, kita kerap dibuat pusing saat daya baterai ponsel habis.

Masalah inilah yang akhirnya membuat sekelompok mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) Surabaya berinovasi menciptakan charger smartphone yang memanfaatkan suhu tubuh manusia. Mereka menyebutnya sebagai “Hand Charging, Charge The World , Charge The Society”.


Image source: Unair News

“Kami terinspirasi dari kalor yang ada di dalam tubuh manusia dengan memanfaatkan konsep-konsep termodinamika dan hukum seeback. Karena tubuh manusia itu memiliki ion yang membawa listrik dan menghasilkan panas, sehingga memiliki potensi untuk dimanfaatkan sebagai sumber pengisian daya bagi smartphone,” kata Raja Bugatti, ketua tim, melansir laman UNAIR.

Sebenarnya, inovasi charger portable seperti power bank telah lama digunakan, namun perangkat tersebut memiliki keterbatasan penyimpanan daya. Sehingga saat daya pada penyimpanan habis, ower bank tidka dapat digunakan lagi.

Lain halnya dengan inovasi Hand Charging yang tidak memiliki batas daya, mengingat daya yang didapat bersumber pada panas dari tangan si pengguna smartphone. Tim mengklaim jika Hand Charging dapat digunakan kapan dan di mana pun bahkan saat tidak ada listrik.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)