home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

tvN Angkat Bicara Soal Isu Drama 'Reply 1988' Diplagiat Tiongkok

Selasa, 01 Agustus 2017 18:00 by muthiasp | 1666 hits
tvN Angkat Bicara Soal Isu Drama 'Reply 1988' Diplagiat Tiongkok
Image source: tvN

DREAMERS.ID - Drama Korea terkenal dengan ceritanya yang menarik dan sangat digemari banyak penonton, sehingga tak jarang beberapa negara mengikuti sistem produksi bahkan mencontek jalan ceritanya. Kali ini, drama ‘Reply 1988’ isunya diplagiat oleh Tiongkok.

Baru-baru ini, outlet berita lokal Cina melaporkan bahwa drama terbaru akan tayang di bulan Desember mendatang. Drama tersebut dikatakan sebagai versi Cina dari ‘Reply 1988’, dengan latar belakang cerita mengenai kehidupan geng pertemanan, keluarga, dan tetangga di tahun 1980an.


Image source: tvN

Pada Selasa (01/08) siang, tvN selaku stasiun televisi yang memproduksi dan menayangkannya membuat pernyataan resmi terkait isu plagiarisme yang menimpa drama populer buatannya. Mereka menyatakan tidak merasa menjual hak adaptasi kepada stasiun televisi Tiongkok.

Baca juga: Queen of Tears Geser Reply 1988 Jadi Drama Rating Tertinggi ke-3 di tvN

“Kamu tidak pernah menjual hak cipta ‘Reply 1988’ kepada stasiun televisi Cina yang memproduksi acara tersebut. Kami menemukan adanya yang kesamaan yang sangat disayangkan”. Banyak pihak yang merasa kecewa dengan aksi plagiarisme ini. Namun tampaknya saat ini CJ E&M yang menaungi tvN belum bisa menempuh jalur hukum.


Image source: KpopHerald

Isu Tiongkok memplagiat tayangan Korea bukan kali pertama terjadi pada ‘Reply 1988’. Sebelumnya, program variety tvN ‘Youn’s Kitchen’ juga dibuat versi Tiongkoknya oleh Hunan TV. Kemudian ‘Produce 101’ menjadi ‘Birth of a Star’, ‘Hidden Singer’ dicontek menjadi ‘Talented Singer’, hingga ‘Show Me the Money’ dan ‘Three Meals a Day’.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Billboard menandatangani kemitraan strategis dengan Kakao Entertainment pada 18 April. Ini merupakan kolaborasi resmi pertama antara perusahaan K pop dan raksasa musik AS....
  • HOT !
    Drama baru SBS Connection dijadwalkan tayang perdana pada bulan Mei. Dibintangi oleh Ji Sung dan Jeon Mi Do, drama bergenre thriller kriminal ini meningkatkan antisipasi dengan merilis dokumentasi dari sesi diskusi naskah....
  • HOT !
    Kecintaan Lisa BLACKPINK terhadap supercar telah menarik perhatian banyak orang. Baru baru ini dalam video yang diunggah untuk merayakan ulang tahunnya, Lisa memperkenalkan mobil mewahnya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)