home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Catat, Agustus Kali Ini Jadi Bulan Tertib Trotoar untuk DKI Jakarta

Rabu, 02 Agustus 2017 10:10 by reinasoebisono | 852 hits
Catat, Agustus Kali Ini Jadi Bulan Tertib Trotoar untuk DKI Jakarta
Image source: Berita Satu

DREAMERS.ID - Bulan Agustus akan menjadi Bulan Tertib Trotoar (BTT) di DKI Jakarta. Pelaksanaan BTT ini diadakan Pemprov DKI dimulai per 1 Agustus dan ditandai dengan dilakukannya apel BTT di Halaman Balai Kota, Selasa (1/8).

Kegiatan ini dilaksanakan lantaran banyak pengaduan masyarakat tentang ketidaknyamanan dan ketidakramahan trotoar bagi pejalan kaki. Gelaran BTT ini pun sesuai dengan instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 99 Tahun 2017 tentang Bulan Tertib Trotoar.

“Banyak kita lihat, selain tidak nyaman karena ada perubahan fungsi untuk parkir liar, sepeda motor yang masuk ke trotoar, PKL semrawut dan kotor. Padahal di Jakarta, dari 7.000 kilometer seluruh trotoar akan dibenahi dengan sistem trotoar yang lebar dan difungsikan untuk penyandang cacat,” ujar Asisten Sekretaris Daerah Bidang Pemerintahan, Bambang Sugiyono.

Namun meski telah selesai hingga 31 Agustus nanti, bukan berarti kondisi kembali seperti saat ini yang cukup ruwet. Kegiatan ini justru menjadi tonggak jika trotoar selamanya haruslah tertib, bersih dan ramah pejalan kaki.

Baca juga: Jakarta Sudah Bukan Ibu Kota dan Alami Kekosongan Hukum Terkait Status Ibu Kota?

Sifat ini juga bersifat masif dan harus membersihkan trotoar ke fungsi sesungguhnya. Tak hanya PKL, pemotor dan parkir liar, tapi juga tiang yang tidak ada kabelnya harus ditertibkan dengan meyurati pemiliknya. Meski begitu, Pemprov DKI pun berharap tim gabungan yang melaksanakan penertiban melaksanakannya dengan baik, ramah dan sopan santun.

“Arogansinya jangan muncul karena kita berhadapan dengan warga kita sendiri. Tetap ramah, tapi tegas. Setelah dilakukan operasi penertiban, lokasi trotoar yang ditertibkan harus dibersihkan,” katanya.

“Kewenangan jumlah personel ada di wilayah masing-masing. Nanti mau 10-50 orang silakan saja, yang penting setelah selesai, rapi. Satu lokasi dihabiskan dulu. Kami lakukan dulu persuasif, kalau bandel kami bersama polantas lakukan tipiring, sehingga hakim yang akan menentukan denda fisik atau materi,”pungkasnya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)