home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jalan Dewi Sartika Berubah Jadi Dewi Persik, Dinas Kota Bekasi Minta Klarifikasi Google

Senin, 07 Agustus 2017 12:00 by fzhchyn | 1605 hits
Jalan Dewi Sartika Berubah Jadi Dewi Persik, Dinas Kota Bekasi Minta Klarifikasi Google
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Dinas Komunikasi dan Informatika  (Diskominfo) Kota Bekasi menemukan kejanggalan dalam peta virtual Google Maps di wilayah Bekasi. Nama Jalan Dewi Sartika di Kecamatan Bekasi Timur nampak berubah menjadi Jalan Dewi Persik.

Akhirnya pihak pemerintahan setempat pun melayangkan surat kepada Google terkait hal tersebut. "Hari ini kami layangkan surat resmi kepada operator Google perihal perubahan nama ini. Kami ingin tahu alasannya seperti apa, sebab penamaan jalan di Kota Bekasi tidak bisa seenaknya diubah," kata Kepala Diskominfo Kota Bekasi Titi Masrifahati di Bekasi, Senin (7/8), mengutip Antara.

Perubahan nama jalan penghubung jalur protokol Jalan M Hasibuan dengan Jalan Ir H Djuanda itu rupanya telah berlangsung sejak 30 Juli 2017 lalu yang nampak melalui layanan Google Maps dan dapat diakses publik.

Baca juga: Peta Ini Tunjukkan Lagu yang Paling Sering Diputar di Suatu Negara, Bagaimana di Indonesia?

Titi mengaku belum mengetahui alasan penggatian nama dari sosok pahlawan perempuan asal Jawa Barat itu menjadi nama Dewi Persik yang akrab dikenal publik sebagai sosok pedangdut nasional. "Saya baru dapat laporannya Sabtu (5/8). Hari itu juga saya kontak operator Google untuk meminta klarifikasi, namun belum direspons," katanya.

Titi menyakini, perubahan nama itu disinyalir akibat tangan usil hacker, namun motifnya sama sekali belum diketahui pihaknya. Ia menambahkan bahwa Google salama ini menerapkan sistem 'open source' yang memungkinkan publik memberikan masukan atas konten layanan yang tersedia.

"Bisa saja ada orang lain yang memberikan masukan atas layanan nama jalan, tapi kan untuk mengubah yang sudah ada perlu konfirmasi dan persetujuan pihak terkait, jangan seenaknya saja," katanya. Saat Dreamers.id mencoba mengetik nama Dewi Sartika Bekasi Timur di Google Maps, memang diarahkan ke nama Jl Dewi Persik.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)