home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Apa Istimewanya Supercar 40 Miliar yang Viral Karena Raffi Ahmad, Koenigsegg CCX?

Senin, 07 Agustus 2017 17:00 by reinasoebisono | 4373 hits
Apa Istimewanya Supercar 40 Miliar yang Viral Karena Raffi Ahmad, Koenigsegg CCX?
Image source: Dreamers.id

DREAMERS.ID - Komika Raditya Dika sempat mengunggah foto bersama Raffi Ahmad yang memamerkan sebuah mobil anyar tipe supercar bernama Koenigsegg CCX. Menariknya, unggahan ini ‘disentil’ oleh Ditjen Pajak yang mengingatkan SPT Tahunan jika ada penambahan harta.

"Tolong bilangin ke Kak Raffi, jika ada penambahan harta di tahun berjalan, jangan lupa laporkan di SPT Tahunan yak Kak @radityadika," tulis @DitjenPajakRI pada Sabtu (5/8) via Twitter.

Wajar, jika mobil ini dianggap milik Raffi Ahmad, karena dirinya memang terkenal sebagai penggemar mobil sport mewah. Namun suami dari Nagita Slavina itu telah menyanggah jika mobil tersebut adalah miliknya.

"Itu punya sahabat saya. Dititipi di rumah. Ya ini orang kan heboh saja," katanya melansir Liputan6. "Itu mobil orang yang dititipin ke gue, terus gue pake, eh dibilangnya mobil gue. Tapi enggak apa-apalah, tambah ngetop gue jadinya,"

Wajar pula jika netizen ‘histeris’ dengan eksistensi mobil tersebut, terutama di Indonesia. Untuk orang awam yang terbiasa mendengar brand Lamborghini, Ferrari dan Porsche mungkin asing mendengar Koenigsegg. Namun mobil satu ini memiliki harga fantastis dan masuk kategori mobil termahal di dunia.

Baca juga: Raffi Ahmad, Angga Yunanda sampai Refal Hady Tampil di New York Fashion Week

Mobil Koenigsegg CCX seperti yang terpampang bersama Raffi dan Radit di atas memiliki mesin 4.700 cc dengan sokongan twin supercharger yang membuat tenaganya naik menjadi 806 PS dengan torsi 920 Nm. Akselarasinya sendiri mampu menembus 395 km/jam.


Soal harga? Di luar negeri saja, mobil ini dihargai Rp 40 miliar. Jika masuk ke Indonesia, mobil buatan Swedia ini ditaksir memiliki harga Rp 64 miliar! Laman Tribunnews menulis berdasarkan hitungan BBNKB 10%, kendaraan ini bisa memiliki pajak Rp 6.4 miliar sendiri.

Kemudian besaran PKB berdasarkan Permendagri No 29 tahun 2012 tentang Perhitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor. Jumlahnya 1,5 peren dari nilai jual kendaraan dan bersifat menurun setiap tahun karena penyusutan nilai jual. Kalau si Koenigsegg dianggap mobil baru berarti formulanya adalah Rp 64 miliar x 1,5 persen x 1 (koefisien mobil sedan dari Permendagri), yang artinya pengguna kena biaya Rp 960 juta.

Belum diketahui siapa pemilik mobil ini di Indonesia. Namun Koenigsegg CCX ini pertama kali terlihat di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) April lalu dan spesial untuk Indonesia dengan stir kanan. Seri CCX sendiri sebenarnya masuk seri paling pertama Koenigsegg, namun brand supercar itu merilis tipe barunya tahun ini seperti yang dipamerkan Raffi Ahmad dan Raditya Dika.

(rei/image: Supervettura)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)