home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Keinginan DPR Bangun Apartemen dan Gedung Baru, Mampukah Tingkatkan Kinerja Anggota Dewan?

Selasa, 15 Agustus 2017 13:00 by reinasoebisono | 1013 hits
Keinginan DPR Bangun Apartemen dan Gedung Baru, Mampukah Tingkatkan Kinerja Anggota Dewan?
Image source: Istimewa

DREAMERS.ID - Anggota DPR RI Periode 2014-2019 mengusulkan pembangunan gedung baru dan apartemen yang nantinya akan dihuni oleh anggota dewan. Apartemen ini akan terintegrasi dengan kompleks perkantoran DPR RI sehingga dinilai menambah nilai efisiensi kerja karena akses rumah-kantor lebih dekat.

Meski baru rencana, hal ini dikritik oleh publik yang menyoroti soal anggaran. Pasalnya, Tahun Anggaran 2018 direncanakan naik 34% atau jadi Rp5.7 triliun karena pembangunan ini dari anggaran 2017 yang sebesar Rp4.26 triliun.

Apartemen yang diperbincangkan ini rencananya dibangun di bekas lahan Taman Ria Senayan, dianggap tidak masuk akal dan lucu oleh Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi).

"Saya kira rencana itu enggak hanya lucu tapi juga alasannya semakin memeperlihatkan DPR itu semakin manja," ujar  Lucius Karus, peneliti Formappi.


Kompleks Gedung DPR RI (Okezone)

"Mengeluhkan macet yang bikin terlambat dan tidak hadir rapat sama sekali, padahal kita tahu yang namanya Jakarta nggak akan bisa lepas dari kemacetan. Padahal untuk orang seperti mereka (anggota DPR), perencanaan waktu itu sangat penting. Semua orang Jakarta yang tau kondisi itu punya jalan keluar, berangkat lebih pagi," katanya.

Baca juga: Daftar Artis Korea yang Datang ke Indonesia Bulan Desember 2022

Kritik juga datang dari Direktur Eksekutif Lingkar Madani Ray Rangkuti yang ragu dan menyebut kinerja serta moralitas anggota DPR tak ada hubungannya dengan fasilitas.

"Semua kelemahan mereka, baik dalam konteks kinerja dan moral, itu dikaitkan dengan fasilitas yang tidak tersedia. Saya tidak bisa melihat korelasi di antara keduanya (kinerja dan fasilitas)," ungkap Ray via Detik.

Ray pun menyebut jika ketidakseimbangan antara kinerja dan fasilitas di DPR itu disebabkan oleh kegagalan kepemimpinan di DPR. Daripada mengusulkan pembangunan ratusan miliar, lebih baik fokus pada peningkatan kepercayaan publik.

"Bagi saya, sebetulnya itu juga bagian dari kegagalan kepemimpinan yang sekarang. Ada Bung Setya Novanto yang sekarang sudah ditetapkan sebagai tersangka, Fahri Hamzah yang entah gimana lebih banyak berkoar-koar di luar fungsinya sebagai pimpinan DPR begitu, ada juga Fadli Zon dengan watak yang juga hampir sama begitu," beber Ray.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)