home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Inilah Golongan Orang yang Paling Berbahagia di Indonesia, Kamu Salah Satunya?

Senin, 21 Agustus 2017 10:00 by reinasoebisono | 1536 hits
Inilah Golongan Orang yang Paling Berbahagia di Indonesia, Kamu Salah Satunya?
Image source: Pikiran Rakyat

DREAMERS.ID - Tidak hanya jumlah dan demografis seperti penghasilan dan rentang usia, Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan Indeks Kebahagiaan 2017 Indonesia yang memberi hasil, sebenarnya golongan masyarakat mana yang paling berbahagia?

Tahun ini, Indeks Kebahagiaan Indonesia mencapai 70.69 pada skala 0-100. Lebih lanjut melansir Liputan6, indeks ini merupakan komposit yang disusun oleh tiga dimensi. Ketiganya adalah Kepuasan Hidup (Life Satisfaction), Perasaan (Affect) dan Makna Hidup (Eudaimonia).

Indeks kebahagiaan ini pun merilis kelompok-kelompok masyarakat yang paling berbahagia menurut wilayah, jenis kelamin hingga status pernikahan. Kepala BPS Suhariyanto atau yang biasa dipanggil Kecuk mengungkapkan, penduduk yang belum menikahlah yang paling bahagia dengan indeks kepuasan hidup sosial tertinggi, 74.05.

Baca juga: Survei Pilpres 2024 Ganjar Pranowo Paling Tinggi Tapi Sulit Untuk Maju?

Berkebalikan dengan hal tersebut, masyarakat yang cerai hidup paling tidak bahagia dengan indeks 67.83 dibandingkan mereka yang cerai meninggal. Berdasarkan lokasi, diketahui Maluku Utara adalah provinsi dengan indeks kebahagiaan tertinggi di Indonesia.

"Orang yang belum menikah itu lebih bahagia. Yang paling tidak bahagia itu cerai hidup," kata Suhariyanto.

Hasil survei ini pun memperlihatkan jika Indonesia belum cukup ramah lansia. Karena semakin berumur, kepuasan hidup personal semakin turun dibandingkan mereka yang masih memiliki usia relatif muda.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)