home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Terungkap Rendahnya Pendapatan Penyanyi Korea dari Situs Streaming Musik Lokal

Rabu, 23 Agustus 2017 11:33 by muthiasp | 3344 hits
Terungkap Rendahnya Pendapatan Penyanyi Korea dari Situs Streaming Musik Lokal
Image source: SBS

DREAMERS.ID - Pendapatan yang diraih oleh para idola K-Pop memang masih menjadi misteri tersendiri, beberapa tampak sangat sukses sementara yang lain masih terus menabung pundi-pundi. JTBC ‘Newsroom’ baru-baru ini mengungkapkan pemasukan rendah yang didapat para musisi dari situs streaming.

Isu soal hal tersebut sebenarnya sudah menjadi perdebatan sejak tahun 2012, saat PSY merilis lagu fenomenal dunia ‘Gangnam Style’ yang diduga hanya mendapat keuntungan sebesar 5,46 juta won atau hanya sekitar 64,5 juta rupiah, padahal sudah didengarkan sebanyak 27,3 juta kali.

Hal serupa terjadi pada solois Heize. Lagunya yang berjudul ‘You, Clouds, Rain’ bertahan di posisi satu situs streaming musik selama bulan Juli, dengan jumlah pendengar sebanyak 6,45 juta kali dan diperkirakan mendapat 31,8 juta rupiah. Sebenarnya keuntungan bisa bertambah jika lagunya diunduh, namun situs musik Korea menerapkan sistem streaming tanpa download.

Baca juga: Melihat Tren 'Silver Spoon' Terjun ke Dunia Hiburan, Sudah Kaya Mau Jadi Idola

JTBC ‘Newsroom’ kemudian membedah isu ini lebih dalam. Mereka menyebut setiap lagu mendapatkan 7 won atau 82 rupiah per streaming, lalu dibagi lagi 40 persennya untuk situs musik, 44 persen ke label musik, 10 persen untuk komposer, produser, penulis lirik, dan baru 6 persennya mengalir ke kantong penyanyi.

Di era digital ini, kebiasaan mendengarkan musik di Korea juga berubah dan lebih condong ke streaming. Laporan lebih lanjut mengatakan bahwa orang yang mendengarkan musik lewat streaming di negeri ginseng meningkat sampai 61 persen di tahun 2015.

Sementara itu, situs musik seperti ‘Spotify’ diperkirakan mendapat untung sebesar 30 persen, dan Apple Music mengantongi untung 28,5 persen. 

(mth)

Komentar
  • HOT !
    We The Fest 2024 telah mengumumkan line up fase pertama yang diisi oleh sejumlah musisi ternama Indonesia maupun luar negeri....
  • HOT !
    Tahun lalu, Kim Hieora terlibat dalam skandal bullying atau kekerasan di sekolah dan tuduhan penyerangan fisik yang dilakukan terhadapnya oleh mantan teman sekelas sekolah menengahnya....
  • HOT !
    BOYNEXTDOOR memecahkan rekornya sendiri dengan comeback terbaru mereka. Tak hanya penjualan album fisik, performa secara digital juga mengalami peningkatan dari comeback sebelumnya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)