home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tak Kalah dengan Amerika, Ini Tanggal Gerhana Matahari 'Hadir' di Wilayah Indonesia

Rabu, 23 Agustus 2017 18:00 by reinasoebisono | 2832 hits
Tak Kalah dengan Amerika, Ini Tanggal Gerhana Matahari 'Hadir' di Wilayah Indonesia
Image source: National Geographic

DREAMERS.ID - Dunia menyorot Gerhana Matahari Total yang terjadi di Amerika Serikat pada 21 Agustus lalu. Berbagai foto menarik pun meramaikan media sosial yang menangkap keindahan fenomena langit yang tergolong langka itu.

Meski begitu, bukan berarti Indonesia tidak bisa merasakan euforia yang sama. Tahun lalu, Indonesia sudah mengalami kejadian serupa, namun di beberapa wilayah seperti Bengkulu, Sumatera Selatan, Jambi, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

Melansir Merdeka, Indonesia tidak akan lama lagi mendapatkan fenomena langka itu, yaitu pada tanggal 26 Desember 2019, berupa Gerhana Matahari Cincin. Cakupan bsar gerhana ini akan paling jelas terlihat di Kalimantan Utara seperti Tarakan, Kalimantan Barat bagian utara seperti Pontianak, Riau, serta Sumatera Utara. Namun secara umum semua wilayah bisa melihatnya.


Image source: National Geographic

Baca juga: Apa Sih Gerhana Matahari Cincin Yang Akan Hiasi Langit Indonesia 26 Desember 2019 Nanti?

Untuk Gerhana Matahari Total, Indonesia kebagian pada 2023. Namun yang bisa melihat fneomena ini secara total hanya di Papua Barat, tepatnya di bagian ‘leher’ peta Papua yang menyerupai burung itu.

Setelah itu pada tanggal 22 Juli 2028, terdapat gerhana matahari total yang berada cukup dekat dari Indonesia, yakni di Christmas Island, sekitar 350 kilometer dari selat Sunda. Oleh karena itu, bagian selatan pulau Jawa akan bisa menikmati gerhana matahari cincin yang hampir sempurna, yakni 95 persen matahari tertutup Bulan.

Gerhana Matahari memang disebut spesial karena hanya bisa dilihat di lokasi yang berbeda-beda. Seperti contoh Gerhana Matahari di Amerika tidak bisa kita lihat di Indonesia. Begitu juga sebaliknya, Amerika tidak bisa melihat Gerhana Matahari hingga 2024.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)