home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hadirnya Royaltrans, TransJakarta Spesial untuk Penumpang yang Merasa Kaya

Kamis, 24 Agustus 2017 17:55 by reinasoebisono | 2479 hits
Hadirnya Royaltrans, TransJakarta Spesial untuk Penumpang yang Merasa Kaya
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Ibu Kota Jakarta tengah gencar menggalakkan masyarakat untuk naik kendaraan umum atau transportasi massal agar kemacetan bisa berkurang. Salah satunya adalah cara unik ini yang diharapkan membuat kalangan kelas atas mau ramai-ramai naik kendaraan umum.

Melansir Kompas, PT TransJakarta memamerkan prototipe bus jenis baru bernama ‘Royaltrans’ di Kantor Kementerian Perhubungan. Diperuntukkan bagi kalangan ‘orang kaya’, bus baru ini memiliki sederet fasilitas yang berbeda dengan bus TransJakarta lainnya.

Bus dengan panjang 10 meter ini termasuk jenis low entry dengan model kursi menghadap depan berwarna cokelat. Kursi bisa dimundurkan layaknya bus pariwisata dan ada tangga di pintu tengah. Terdapat pula sebuah layar televisi di bagian depan bus.

Fasilitas tak biasa lainnya untuk sebuah bus TransJakarta ini, adanya port USB yang bisa digunakan penumpang untuk mengisi daya baterai ponsel. Rencananya, menurut Dirut PT TransJakarta, Budi Kaliwono, bus ini akan jadi angkuta feeder untuk warga perumahan.

Baca juga: Catat, TransJakarta dan MRT Hanya Jalan Sampai Jam 8 Malam Mulai Hari Ini

"Tujuannya agar orang yang merasa dirinya kaya mau mencoba pakai bus ini," ujar Budi. "Banyak juga pelanggan yang biasa (beraktivitas) dengan mobil pribadi sehingga saat memakai bus ini, masih ada kesan eksklusif,"

Harapannya, Royaltrans bisa menarik warga yang biasa menggunakan kendaraan pribadi tetap merasakan kemewahan saat naik transportasi umum. Selain warga perumahan, bus ini juga bisa untuk warga yang kediamannya jauh dari pusat kota.

"Bayangkan kalau dia berangkat dari Kota Wisata misalnya atau dari Bekasi yang bisa dua jam karena macet di tol. Mereka butuh suatu kenyamanan," kata Budi yang menargetkan nantinya akan tersedia 100 bus Royaltrans yang satu unitnya bernilai Rp 1.1 miliar itu.

(rei/image: Kompas)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)