home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wah, Selfie Kini Bisa Deteksi Penyakit Kanker?

Minggu, 03 September 2017 18:00 by reinasoebisono | 2150 hits
Wah, Selfie Kini Bisa Deteksi Penyakit Kanker?
Image source: Viva

DREAMERS.ID - Kegiatan swafoto atau selfie kini sudah dianggap lumrah bahkan ‘wajib’ di berbagai kesempatan. Tak sedikit selfie sering dianggap hal negatif ketimbang memberi manfaat. Tak sedikit pula kecelakaan yang terjadi saat tengah mengambil selfie.

Namun baru-baru ini, para ilmuwan mengembangkan sebuah aplikasi yang mampu mendeteksi kanker hanya dengan berfoto selfie. Terfokus pada kanker pankreas, ternyata aplikasi satu ini juga bisa mendeteksi penyakit lainnya.

Mengutip Viva, salah satu gejala awal kanker pankreas serta beberapa penyakit lainnya adalah perubahan warna kuning pada kulit dan mata. Hal ini terjadi karena penumpukan bilirubin pada darah. Sayangnya, kadang gejala ini belum bisa dideteksi dengan mata telanjang.

Baca juga: Berbahaya, Jangan Berikan Foto Selfie dan KTP Sembarangan

Karena itu dikembangkan aplikasi bernama BiliScreen yang dikembangkan peneliti Universitas Washington, Amerika menggunakan kamera smartphone, algoritma penglihatan komputer dan alat belajar mesin untuk mendeteksi kadar bilirubin dari sklera atau bagian putih mata seseorang.


Image source: Gizlogic

Sistem penglihatan komputer pun secara otomatis dan efektif mengisolasi bagian putih mata dan menghitung informasi sklera berdasarkan panjang gelombang cahaya yang tercermin dan diserap untuk menghubungkan tingkat bilirubin.

Tujuannya adalah agar makin banyak orang yang mengidap kanker pankreas atau penyakit kuning lainnya mampu mendeteksi sejak dini untuk menjalani perawatan atau pun operasi yang memberi mereka kesempatan bertahan dan dihup yang lebih baik.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)