home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Fakta Rahasia Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un yang Belum Diketahui

Senin, 04 September 2017 12:00 by Dits | 2092 hits
Fakta Rahasia Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un yang Belum Diketahui
image source: aljazeera.com

DREAMERS.ID -Pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un belakangan kerap dibicarakan dunia Internasional. Pria betubuh tambun tersebut melepaskan rudal jarak menengah Hwasong-12 melalui Pyongyang pada akhir Agustus lalu. Aksi tersebut merupakan bagian dari ketegangan antar program senjata yang tengah dikembangkan Korut.

Kim Jong Un dikenal sebagai pribadi yang misterius karena negaranya yang memang sangat tertutup dari dunia luar. Ia juga kerap melakukan tindakan yang kontroversial sebagai pemimpin dunia. Namun ternyata ada sederet fakta menarik yang belum banyak diketahui banyak orang. Seperti apa? selengkapnya seperti yang dilansir dair laman Kompas.com, Senin (4/9).

Usia
Tidak banyak yang tahu usia sebenarnya anak bungsu Kim Jong Il tersebut. Sempat terjadi perdebatan, pihak Departemen Keuangan Amerika Serikat mencatat tanggal lahir Kim Jong Un pada 8 Januari 1984, sementara sumber lain menunjukkan ia lahir pada tanggal yang sama namun tahun 1983.

Putra Bungsu
Kim Jong Un lahir dari seorang wanita bernama Ko Yong Hui dan ayahnya adalah Kim Jong Il, mantan pemimpin Korea Utara pada 1994 sampai tahun 2011 silam. Kim Jong Il merupakan anak bungsu dari Kim Jong Il yang punya tujuh anak terdiri dari empat anak perempuan dan tiga anak laki-laki.

Kim Jong Nam
Kakak tertua Kim Jong Un ini awalnya direncanakan akan menjadi pengganti ayah mereka. Namun, Kim Jong Nam secara mengejutkan tewas diracun Februari 2017 di Malaysia.

Pendidikan
Kim Jong Un sempat mendapatkan pendidikan di salah satu sekolah negeri Swiss bernama Liebefeld-Steinhölzli Schule selama dua tahun. Saat menjalani pendidikannya, ia menggunakan nama samaran Pak Un.

Baca juga: Penampilan Putri Kim Jong Un Yang Diprotes Warga Korut

Nilai jelek
Ketka menjalani pendidikan di Swiss, Kim Jong Un kerap mendapat nilai jelek untuk mata pelajaran IPA (Ilmu Pelajaran Alam), namun nilainya bagus di mata pelajaran musik dan teknik.

Suka Keju dan Rokok
Pemimpin Korut ini dikenal sebagai penyuka keju dan seorang perokok berat. Hal tersebut sebagai penyebab dirinya mengalami masalah kesehatan dan berat badan.

Penggemar NBA
Siapa sangka kalau Kim Jong Un ternyata sangat gemar mengikuti kompetisi bola basket NBA. Saat muda, ia adalah seorang fans berat bintang NBA, Michael Jordan. Fakta lain menyebut kalau ia menjalin persahabatan dengan mantan pemain NBA Dennis Rodman yang pernah datang ke Korea Utara dalam beberapa kali kesempatan.

Dua Gelar
Tidak banyak yang mengetahui kalau Kim Jong Un punya dua gelar yaitu di bidang fisika dari Universitas Kim il Sung dan satu lagi sebagai perwira Angkatan Darat yang diraihnya dari Universitas Militer Kim Il Sung.

Menikah
Kehidupan rumah tangga Kim Jong Un juga terbilang misterius, ia kabarnya menikahi Ri Sol Ju pada 2009, dan memiliki seorang putri bernama Ju Ae yang lahir pada 2012. Namun beberapa orang berspekulasi kalau Kim Jong Un punya lebih dari satu anak.

Eksekusi Mati
Sejak berkuasa di Korea Utara pada tahun 2011, Kim Jong Un terkenal sebagai pemimpin ‘tanpa ampun’. Dia dikabarkan telah melakukan eksekusi mati lebih dari 300 orang, termasuk 140 pejabat senior, sejak dia berkuasa pada tahun 2011. Bahkan pada tahun 2013, ia melakukan eksekusi terhadap pamannya, Jang Song Thaek yang terlibat pengkhianatan.

(dits)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)