home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Rencana Aksi Bela Rohingya Dalam Waktu Dekat di Indonesia

Selasa, 05 September 2017 10:30 by muthiasp | 1217 hits
Rencana Aksi Bela Rohingya Dalam Waktu Dekat di Indonesia
Image source: presstv.ir

DREAMERS.ID - Kejahatan kemanusiaan yang dialami oleh masyarakat muslim Rohingya menjadi perhatian bagi seluruh warga dunia, khususnya Indonesia. Baru-baru ini tersebar pesan singkat yang berisi informasi aksi bela Rohingya, dan disebut berlokasi di Candi Borobudur, Magelang, pada Jumat (08/09) mendatang.

Dilansir dari laman Kompas, pesan itu berisi daftar organisasi masyarakat (ormas) dan lembaga yang akan bergabung dalam aksi tersebut. Tidak hanya dari warga Magelang saja, tetapi beberapa warga dari kota tetangga seperti Yogyakarta, Klaten, Temanggung, Purworejo, Surakarta, Wonosobo, Salatiga, dikabarkan bergabung.

“Daftar Ormas dan Laskar AKSI BELA ROHINGYA di Borobudur, Jumat 8 September 2017. Silakan diisi ormas dan laskar yang akan hadir. Kita putihkan Borobudur. Kita Sampaikan kepada dunia. STOP PEMBANTAIAN ROHINGYA!,” mengutip Kompas (05/09).


Doa bersama Tokoh Lintas Agama di Alun-alun Purwokerto, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu
Image source: Kompas

Aksi yang dilakukan sebagai wujud empati atas nama umat Islam dan kemanusiaan ini akan dikoordinasikan oleh Anang Imanudin sebagai Panglima Laskar Front Aliansi Umat Islam Bersatu (FA-UIB) Jawa Tengah-DIY. Namun, ia membantah jika aksi akan dilaksanakan di Candi Borobudur.

Baca juga: Ratusan Warga Rohingya Tiba Di Pesisir Aceh Ditolak Warga, Ini Alasannya

"Kami luruskan, bahwa kami tidak mengadakan aksi di Candi Borobudur, kami tahu ada undang-undang yang melindungi cagar budaya dunia tersebut. Kami sudah berkoordinasi dengan Polres Magelang dan aparat lainnya, Senin (04/09) malam tadi dan hanya fokus di satu tempat saja," katanya.

Nantinya, aksi akan diawali dengan sholat Jumat berjamaah, dilanjutkan dengan doa bersama, dan penggalangan donasi. Ada sekitar 250 ormas dari seluruh Indonesia yang ikut aksi tersebut. Adapun peserta akan mengenakan pakaian serba putih yang mencerminkan simbol perdamaian.

Ia juga sudah berkomunikasi dengan pimpinan Wihara Mendut, Bante Panyavaro, yang juga mendukung aksi bela Rohingya. Bante dikatakan memiliki pandangan yang sama dan mengutuk keras kekejaman yang dilakukan sekelompok oknum mengaku biksu di Myanmar, “Rohingya adalah akibat kejahatan kemanusiaan. Beliau ikut menyerukan pesan damai kepada dunia”.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)