home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sosok Inilah yang Berhasil Buat Aung San Suu Kyi Angkat Bicara Soal Konflik Miris Rohingya

Kamis, 07 September 2017 07:10 by reinasoebisono | 3985 hits
Sosok Inilah yang Berhasil Buat Aung San Suu Kyi Angkat Bicara Soal Konflik Miris Rohingya
Image source: Sindo News

DREAMERS.ID - Pemimpin defacto Myanmar, Aung San Suu Kyi yang beberapa tahun lalu mendapat simpati dunia karena terkesan dihalangi untuk berkiprah di dunia politik dan ‘dikurung’ di kediamannya oleh Junta Militer. Namun sejak masalah konflik Rohingya mencuat, dirinya dikritik habis karena disebut lambat menangani kekerasan yang menimpa umat Muslim Myanmar tersebut.

Selama ini bungkam, akhirnya Suu Kyi melontarkan pernyataannya tentang kondisi Rohingya yang tragis di daerah Rakhine saar berbicara dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan melalui sambungan telepon.


Recep Tayyip Erdogan (Anadolu Agency)

"Kami sangat paham bagaimana rasanya ketika hak asasi dan perlindungan demokrasi dirampas. Jadi, kami memastikan semua orang di negara kami terlindungi haknya. Tak hanya secara politik, tapi juga sosial dan kemanusiaan," ujar Suu Kyi melansir CNN.

Suu Kyi juga justru menyinggung jika banyak informasi salah yang beredar dan memang sengaja disebar untuk mendukung kepentingan teroris. Yang dimaksud teroris adalah kelompok bersenjata Pasukan Keselamatan Rohingya Arakan (ARSA). Kelompok yang menyerang sejumlah pos polisi di Rakhine Jumat lalu ini disebut sebagai dalam merembetnya kekerasan pada etnis Rohingya.

Baca juga: Ratusan Warga Rohingya Tiba Di Pesisir Aceh Ditolak Warga, Ini Alasannya

Saat bentrokan pecah,  sedikitnya 400 orang dilaporkan tewas dan diperkirakan akan terus bertambah. Menurut laporan BHRN, Myanmar kerap menutupi konflik ini dan warga di Rakhine harus terperangkap dalam kesengsaraan dan kerap dibantai.

Namun Erdogan mengatakan jika Myanmar kini telah membuka akses bantuan dari negaranya menuju Rakhine. Presiden Jokowi juga telah mengutarakan mandatnya untuk meneruskan bantuan pada Rohingya.

Sementara ini, sekitar 125 ribu orang Rohingya melarikan diri ke negara sekitar, terutama Bangladesh yang mengakibatnya lonjakan pengungsi di sana yang sebelumnya sudah menampung 400 ribu pengungsi. Bangladesh pun terpaksa mengusir orang Rohingya yang datang dan membuat hidup mereka terlunta-lunta.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)