home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dijual Belasan Juta, Ternyata Biaya Produksi iPhone X Cuma Segini

Senin, 18 September 2017 05:00 by fzhchyn | 3830 hits
Dijual Belasan Juta, Ternyata Biaya Produksi iPhone X Cuma Segini
Image source: CNBC

DREAMERS.ID - Fanboy Apple pasti sudah sangat menantikan untuk segera memiliki iPhone X yang baru diperkenalkan beberapa hari yang lalu. Namun tentunya ada harga tinggi yang yang harus dibayar jika ingin memiliki iPhone generasi terbaru ini. Apple sendiri membanderol iPhone X versi 32GB dengan harga 999 USD atau sekitar 13 juta rupiah.

Ini adalah harga iPhone termahal yang pernah ditawarkan Apple. Angka yang terbilang fantastis itu membuat orang-orang dalam industri di China melakukan investigasi berapa biaya masing-masing komponen. Hasilnya, diketahui bahwa biaya total untuk membuat iPhone X hanya 412,75 USD (sekitar 5,5 juta rupiah), atau lebih murah 60 persen dari harga yang ditawarkan.

Dilansir dari GSM Arena, komponen yang paling mahal adalah panel OLED 5,8 inci yang diproduksi oleh Samsung. Harganya mencapai 80 USD (sekitar 1,1 juta rupiah) per unit yang jauh lebih tinggi dari komponen lainnya, misalnya memori NAND dari Toshiba seharga 45 USD (sekitar 600 ribu rupiah) untuk ROM 256GB, dan 24 USD (sekitar 320 ribu rupiah) untuk RAM 3GB.

Baca juga: iPhone 15 Baru Bisa Dipesan, Apple Dikabarkan Tengah Siapkan iPad Lipat!

Apple mengumumkan chipset A11 Bionic, yang dibuat oleh TSMC pada teknologi proses 10nm. Satu chip memiliki harga 26 USD (sekitar 347 ribu rupiah), sedangkan modem yang terpampang di atas chipset disediakan oleh Qualcomm dan memiliki harga 18 USD (sekitar 240 ribu rupiah).

Sensor 3D juga ada dalam kategori mahal dengan harga 25 USD (sekitar 333 ribu rupiah). Sensor tersebut dikemas di balik kaca di panel depan yang memiliki harga 18 USD (sekitar 240 ribu rupiah).

Jumlah total semua komponen mungkin tidak setinggi harga akhir (harga jual), tapi jangan biarkan angka itu membuatmu merasa tertipu Dreamers, karena jumlah tersebut tentunya belum termasuk biaya produksi, logistik dan yang terpenting R&D.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)