home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

KPK Ungkap Bukti-bukti Ketua DPR Setya Novanto Terlibat Kasus Megakorupsi e-KTP

Senin, 25 September 2017 17:33 by Dits | 2847 hits
KPK Ungkap Bukti-bukti Ketua DPR Setya Novanto Terlibat Kasus Megakorupsi e-KTP
image source: dekandidat.com

DREAMERS.ID -Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memiliki sejumlah bukti terkait dengan kasus megakorupsi yang melibatkan Ketua DPR Setya Novanto (SN) sebagai tersangka kasus proyek pengadaan Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik (e-KTP).

Salah satu bukti yang dibawa Tim Biro Hukum KPK dalam sidang lanjutan praperadilan adalah Berita Acara Pemeriksaan (BAP) saksi-saksi. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Hukum KPK Setiadi saat berada di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (25/9).

"Tentunya tidak hanya surat dan dokumen, tapi ada beberapa BAP dari beberapa saksi yang mana pemeriksaannya jauh sebelum penetapan tersangka," kata Kabiro Hukum KPK Setiadi mengutip Liputan6.com.

Menurut Setiadi, BAP yang didapat dari hasil pemeriksaan saksi-saksi baik di dalam dan luar negeri tersebut dijadikan sebagai alat bukti yang kuat untuk menetapkan Setya Novanto sebagai tersangka. Tak hanya BAP, bukti lainnya seperti akta perjanjian, surat pembayaran, dan termin pembayaran juga ditunjukkan.

Baca juga: Kata Setnov yang Rela Jual Rumah Lunasi Uang Pengganti Korupsi yang Dilakukannya

"Ada juga Berita Acara Pemeriksaan saksi, saksi yang di dalam negeri maupun di luar negeri, yang pemeriksaannya dilakukan di kedutaan besar RI di negara mana saksi yang bersangkutan bertempat tinggal," terang Setiadi.

Selain itu, dalam praperadilan tersebut pihak KPK tak hanya mempersoalkan berapa banyak jumlah bukti yang dibawa, akan tetapi lebih kepada kualitas bukti sebagai alat untuk melawan kubu Setya Novianto sebagai tersangka. Jika dijumlah, menurut Setiadi sekitar 193 dokumen dan surat dipastikan menjadi bukti yang kuat.

Sebagai informasi, melalui kuasa hukum pihak Setya Novanto menyatakan keberatan atas penetapan status tersangka yang diberikan kepadanya pada 17 Juli 2017 lalu. Pihak Setnov menganggap kalau KPK tidak memiliki alat bukti yang cukup kuat terkait penetapan tersebut.

(dits)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)