home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

KPK Ungkap Banyak Anggota DPR Akan Jadi Tersangka Seperti Setya Novanto

Rabu, 27 September 2017 13:45 by Dits | 1091 hits
KPK Ungkap Banyak Anggota DPR Akan Jadi Tersangka Seperti Setya Novanto
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Kasus megakorupsi  pengadaan Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik (e-KTP) dengan tersangka Ketua DPR Setya Novanto hingga ini masih diselidiki. Sejumlah bukti seperti Berita Acara Pemeriksaan (BAP) saksi-saksi pun telah dibawa oleh Tim Biro Hukum KPK dalam sidang lanjutan praperadilan kasus tersebut.

Bahkan ada banyak nama anggota dan mantan anggota DPRI yang disebut terlibat dalam proyek senilai Rp5,9 triliun itu. Seperti pimpinan Banggar DPR, Melchias Markus Mekeng sampai nama-nama pejabat Kemendagri. Melalui juru bicara KPK, Febri Diansyah, pihaknya yakin sejumlah nama yang diungkap oleh dua mantan Pejabat Kemendagri, Irman dan Sugiharto yang telah menjadi terdakwa e-KTP adalah benar adanya, tentunya dengan melihat bukti-bukti yang ada.

"Pada dasarnya, ada tiga cluster besar, yakni dari birokrasi sendiri, misalnya Kemendagri. Kemudian pihak swasta, ada yang terkait langsung dalam proses pengadaan. Dari pihak swasta juga sudah kami proses, seperti Andi Agustinus," ujar Febri mengutip Viva, Selasa (26/9).


juru bicara KPK, Febri Diansyah (image source: viva)

Baca juga: Kata Setnov yang Rela Jual Rumah Lunasi Uang Pengganti Korupsi yang Dilakukannya

Menurut Febri, Cluster terakhir merupakan pihak legislatif atau anggota DPR, mengacu pada sejumlah bukti penyidikan diketahui beberapa anggota turut menikmati aliran dana e-KTP. KPK lantas tidak akan tinggal diam mengetahui sejumalah nama lainnya yang telah diungkap.

“Dari pihak legislatif yang pada saat itu ikut membahas proses penganggaran atau diduga menikmati sejumlah aliran dana. Pihak-pihak inilah yang kami gali secara terus-menerus peran dan indikasi keterlibatannya. Dan tidak tertutup kemungkinan kami akan memproses pihak lain yang ikut bertanggung jawab dalam kasus ini,” pungkasnya.

(dits)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)