home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Reaksi KPK Setelah Setya Novanto Menang Gugatan di Praperadilan

Sabtu, 30 September 2017 07:15 by Dits | 2046 hits
Reaksi KPK Setelah Setya Novanto Menang Gugatan di Praperadilan
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Ketua DPR Setya Novanto resmi ditetapkan sebagai tersangka kasus megakorupsi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait pengadaan Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik (e-KTP) pada Juli 2017 lalu. Penetapan tersangka pun didukung dengan sejumlah bukti yang telah diberikan Tim Biro Hukum KPK sampai proses praperadilan guna melawan gugatan Setya Novanto.

Namun dalam prosesnya, Hakim tunggal Cepi Iskandar justru mengabulkan gugatan praperadilan Setya Novanto untuk sebagian dan melepaskan status tersangka koupsi e-KTP yang telah disematkan KPK kepada Ketua DPR tersebut. Lalu bagaimana reaksi KPK?

“KPK menghormati putusan pengadilan. KPK menunggu salinan putusan untuk mempelajari pertimbangan-pertimbangan hakim sebelum menentukan langkah selanjutnya,” ujar Wakil Ketua KPK Alexander Marwata seperti yang dikutip dari Kumparan, Jumat (29/9).

Baca juga: Kata Setnov yang Rela Jual Rumah Lunasi Uang Pengganti Korupsi yang Dilakukannya

Keputusan Hakim Cepi Iskandar sudah diprediksi oleh KPK sejak jauh hari terkait pengabulan gugatan Novanto. Oleh karena itulah komisioner KPK yang lain, Laode M Syarif segera menerbitkan sprindik baru saat Setya Novanto menang di praperadilan.

Saat sidang vonis gugatan praperadilan, Hakim Cepi Iskandar dengan tegas mengatakkan kalau penyidikan KPK dalam kasus korupsi e-KTP dengan tersangka Setya Novanto adalah tidak sah. Meskipun jelas saat putusan Pengadilan Tipikor dengan terdakwa Irman dan Sugiharto menyebut Setya Novanto terlibat dalam kasus yang merugikan negara triliunan tersebut.

“Menyatakan penetapan status tersangka Setya Novanto adalah tidak sah, memerintahkan pada termohon untuk menghentikan penyelidikan terhadap Setya Novanto,” pungkas Hakim Cepi sambil mengetok palu.

(dits)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)