home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mengenal Cepi Iskandar, Hakim Tunggal yang 'Gugurkan' Status Tersangka Korupsi Setya Novanto

Sabtu, 30 September 2017 12:06 by Dits | 3319 hits
Mengenal Cepi Iskandar, Hakim Tunggal yang 'Gugurkan' Status Tersangka Korupsi Setya Novanto
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Sidang praperadilan gugatan Setya Novanto terkait status tersangka megakorupsi e-KTP yang disematkan KPK baru saja selesai digelar. Dalam prosesnya, hakim Cepi Iskandar yang merupakan hakim tunggal memutuskan melepaskan status tersangka Ketua DPR tersebut.

Tentu saja, keputusan Cepi menuai kontroversi. Sikap hakim tunggal yang ditunjuk pihak Pengadilan Negeri Jakarta Selatan ini lantas dikritisi oleh sejumlah pihak yang merasa janggal dengan keputusannya.

Sikapnya yang menuai sorotan antara lain saat Cepi menolak pemutaran rekaman KPK yang berisi bukti kuat keterlibatan Novanto dalam kasus korupsi e-KTP. Ia juga menolak eksepsi KPK mengenai status penyelidik dan penyidik independen KPK serta dalil permohonan Novanto yang sudah memasuki substansi pokok perkara.

Baca juga: Kata Setnov yang Rela Jual Rumah Lunasi Uang Pengganti Korupsi yang Dilakukannya

Tak hanya itu saja, Cepi yang merupakan hakim senior dengan pengalaman yang sudah teruji juga pernah disorot setelah menjadi hakim tunggal praperadilan Pemilik MNC Group, Hary Tanoesoedibjo. Saat itu Hary Tanoe menggugat Bareskrim soal status tersangkanya atas kasus dugaan ancaman pada Jaksa Yulianto.

Dalam kasus tersebut, Cepi menolak gugatan praperadilan Hary Tanoe, dan menilai penetapan status tersangka adalah sah karena sesuai dengan prosedur.

Lalu bagaiman perjalanan karir Cepi Iskandar sebagai hakim?

(dits)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)