home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Jam Makan yang Tepat Jika Ingin Dapat Manfaat Kesehatannya

Senin, 02 Oktober 2017 12:00 by fzhchyn | 1988 hits
Ini Jam Makan yang Tepat Jika Ingin Dapat Manfaat Kesehatannya
Image source: Getty Images

DREAMERS.ID - Menjaga berat badan agar tetap ideal dan sehat di waktu yang bersamaan memang membutuhkan usaha. Banyak ‘aturan’ yang harus dipatuhi untuk mendapatkan tubuh yang langsing dan cantik dari luar serta sehat dari dalam.

Salah satu faktor yang bisa menambah berat badan adalah porsi makan yang masuk ke dalam tubuh, sehingga banyak pelaku diet yang mengurangi jumlah makanan demi menurunkan bobot badan. Padahal waktu makan juga berpengaruh lho.

1. Sarapan

Waktu yang paling ideal untuk menyantap sarapan adalah satu jam setelah bangun tidur. Ini adalah waktu yang optimal untuk memecahkan periode 'puasa' antara makan malam sebelumnya dan pagi hari. Sarapan di waktu ini akan merangsang metabolisme.

Seperti yang diketahui, menunda atau melewatkan sarapan justru bisa menghambat penurunan berat badan dengan meningkatkan rasa lapar dan menyebabkan asupan kalori yang berlebihan sepanjang hari.

Baca juga: Latihan Fisik Para Artis Korea yang Bisa Kamu Tiru untuk Tetap Bugar

2. Makan siang

Sedangkan jam makan siang yang ideal adalah pada pukul 13:00 atau jam 1 siang. Kita disarankan untuk memberi jarak setidaknya 4 jam setelah sarapan untuk makan siang. Sangat penting sekali untuk tak menunda makan siang karena bisa  menyebabkan penurunan kadar gula tubuh yang menyebabkan lemas.

3. Makan malam

Untuk makan malam, waktu terbaik adalah setidaknya 3 jam sebelum tidur. Makanan membutuhkan waktu untuk dicerna, makan terlalu dekat  dengan waktu tidur meningkatkan gula darah dan insulin, mempengaruhi pelepasan hormon pertumbuhan, dan mempengaruhi pembakaran lemak alami saat tidur malam.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)