home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Film 'Laskar Pelangi' Hingga 'Saur Sepuh' Akan Tayang di Festival Bergengsi Eropa!

Selasa, 10 Oktober 2017 21:32 by RanaHanin | 1012 hits
Film 'Laskar Pelangi' Hingga 'Saur Sepuh' Akan Tayang di Festival Bergengsi Eropa!
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Nampaknya, Indonesia bakal menjadi perhatian negara-negara Eropa, karena selama empat bulan mulai Oktober 2017 hingga Januari 2018, negara-negara Eropa bakal disuguhkan keindahan ragam budaya Indonesia lewat Europalia Arts Festival yang kembali digelar di Belgia tahun ini.

Sejak pertama kali diadakan pada 1969, untuk pertama kalinya Indonesia terpilih sebagai Guest Country atau negara tamu kehormatan di festival seni dan budaya internasional yang diselenggarakan dalam dua tahunan (biennial) itu. 

Indonesia adalah negara Asia Tenggara pertama sekaligus menjadi negara ke-8 yang terpilih sebagai guest country di luar negara anggota UE (Uni Eropa) setelah Jepang (1989), Meksiko (1993), Rusia (2005), China (2009), Brasil (2011), India (2013), Turki (2015). 

Festival Europalia merupakan kegiatan seni dan budaya yang bersifat multi-disipliner yang mementaskan musik, tarian, teater, film, seni kontemporer, dan bentuk kesenian lainnya. Indonesia terpilih sebagai Guest Country untuk Festival Europalia 2017 sesuai keputusan resmi yang disampaikan surat General Manager Europalia International kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI tertanggal 21 Mei 2015. 

Mengutip dari detikhot, Europalia Arts Festival Indonesia akan dibuka secara resmi oleh Raja Belgia Philippe Leopold Louis Marie dan dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla pada Selasa (10/10).

Tim Indonesia melakukan persiapan matang untuk menghadirkan festival seni dan budaya terbaik di Eropa. Apalagi selain di Belgia, kegiatan Europalia juga diselenggarakan di beberapa negara Eropa tetangga seperti Belanda, Jerman, Inggris, dan Prancis. Demi menampilkan kekayaan seni dan budaya Indonesia yang terbaik, 486 pekerja seni dilibatkan.

Baca juga: Final NKTCHI Universe, Hari Ini Akan Kita Ceritakan Nanti Perjuangan Cinta Dua Lini Masa

Mereka membuat 226 karya seni, 69 pertunjukkan tari dan teater, 71 musik, 36 sastra, 38 film dan 14 pameran. Beberapa film karya Indonesia yang akan ditampilkan di Europalia Arts Festival di antaranya adalah Sang Penari, A Copy of My Mind, Laskar Pelangi, Opera Jawa, 3 Doa 3 Cinta, Ziarah dan Saur Sepuh: Satria Madangkara.

Ada pula pertunjukan seni lain karya dari tim Indonesia seperti dalam pameran Anrchiple, tim dari Indonesia menghadirkan perahu Padekawang yang dibuat di Tana Beru Bulukumba. Untuk bagian layarnya dan tali-tali tradisionalnya dikerjakan di Mandar, Sulawesi Barat. Sedangkan layarnya ditenun oleh wanita di Kampung Lanu Campalagian lalu dibuat oleh nelayan Pambusuang. Ada pula tali yang terbuat dari ijuk dan sabut kelapa yang dipintal di Lambe, Karama. 

Seniman kontemporer seperti Agung Kurniawan, Wendelien van Oldenborgh, Ana Torfs dan banyak lainnya akan mengunggah bagaimana perdagangan, budaya, agama dan perang saling terkait erat di Indonesia.

Kepada detikHot, Nia Niscaya selaku Asdep Pengembangan Pasar Eropa, Timur Tengah, Amerika dan Afrika Kementerian Pariwisata mengungapkan, "Dari sisi pariwisata, kebudayaan merupakan salah satu potensi dan kekuatan Indonesia sebagai destinasi wisata, khususnya wisatawan dari Eropa, yang pada semester satu tahun 2017 tumbuh positif.”

Dengan menghadirkan berbagai ragam seni dan budaya Tanah Air di Eropa, diharapkan bisa semakin meningkatkan ketertarikan warga asing pada Indonesia. Oleh karena itulah Kementerian Pariwisata menyambut baik acara Europalia Arts Festival dimana Indonesia terpilih sebagai negara tamu kehormatan untuk pertama kalinya. 

(rmh)

Komentar
  • HOT !
    BIBI dan Jackson Wang menyedot perhatian banyak penggemar dengan penampilan mereka yang mesra di panggung Coachella 2024 saat menyanyikan lagu duet....
  • HOT !
    Yoon Bomi Apink menulis surat tulisan tangan untuk para penggemarnya menyusul kabar dirinya yang telah dikonfirmasi berpacaran dengan Rado dari tim produksi Black Eyed Pilseung....
  • HOT !
    Netflix mengumumkan produksi film bergenre thriller, Wall to Wall bersama dengan jajaran pemain bintang termasuk Kang Ha Neul, Yeom Hye Ran, dan Seo Hyun Woo....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)