home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Yang Akan Terjadi Jika Pengguna Tidak Daftarkan Sim Card dengan KTP hingga Batas Waktu Ini

Rabu, 11 Oktober 2017 19:00 by reinasoebisono | 6113 hits
Yang Akan Terjadi Jika Pengguna Tidak Daftarkan Sim Card dengan KTP hingga Batas Waktu Ini
Image source: Suara

DREAMERS.ID - Kementerian Komunikasi dan Informatika mengeluarkan peraturan baru terkait penggunaan nomor telepon prabayar. Per tanggal 31 Oktober 2017 nanti, pengguna diwajibkan melakukan registrasi ulang atau pendaftaran kembali nomor teleponnya.

Proses daftar ulang bagi pelanggan itu diklaim tidak memakan waktu lama. Untuk pelanggan lama, bisa langsung mengirimkan SMS ke 4444 dengan format ULANG#NIK#NomorKK#. NIK adalah nomor kartu identitas seperti KTP, sedangkan KK adalah Kartu Keluarga.

Informasi yang didaftarkan tersebut harus sesuai dengan NIK yang tertera di Kartu Tanda Penduduk Elektronik dan Kartu Keluarga agar proses validasi ke database Ditjen Dukcapil dapat berhasil. Melansir Suara, penyelenggara jasa telekomunikasi wajib menyelesaikan registrasi kartu prabayar sampai divalidasi paling lambat 28 Februari 2017.

Baca juga: Mengenal Teknologi e-SIM yang Ada di iPhone XS dan XS Max

Namun ada beberapa tahapan sanksi tegas yang akan diterima pengguna jika tidak kunjung melakukan pendaftaran ulang. Menurut Direktur Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika Kemkominfo Ahmad M Ramli, ada proses pemblokiran nomor yang tidak melakukan registrasi ulang.

"Jika pelanggan tidak melakukan registrasi dalam 30 hari setelah pemberitahuan, maka nomor tidak dapat melakukan panggilan keluar," jelasnya pada Rabu (11/10). "Jika sudah berkali-kali diingatkan namun belum daftar ulang, maka nomor akan diblokir secara keseluruhan,"

Registrasi ini dikatakan sebagai upaya pemerintah dalam mencegah penyalahgunaan nomor pelanggan, terutama pelanggan prabayar sebagai komitmen melindungi konsumen dan untuk kepentingan national single identity.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)