home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tiga Karya Indonesia Eksis di Busan Film Festival yang Penuh Kontroversi

Kamis, 12 Oktober 2017 16:00 by reinasoebisono | 2712 hits
Tiga Karya Indonesia Eksis di Busan Film Festival yang Penuh Kontroversi
Image source: Haps Magazine

DREAMERS.ID - Festival Film Busan adalah salah satu ajang sineas perfilman yang dipandang dunia seperti Cannes Film Festival dan semacamnya. Tahun ini, tiga film berkualitas asal Indonesia juga ikut diputar dan dianggap memberi ruang untuk film-film independen terutama di Asia.

Melansir CNN, sineas internasional sekelas Oliver Stone yang pernah meraih Oscar pun hadir. Darren Aronofsky juga datang untuk filmnya, ‘Mother!’ yang dibintangi Jennifer Lawrence. Acara tahunan Busan International Film Festival (BIFF) ini pun digelar di Busan Cinema Center, Korea Selatan.

Dari Indonesia, ada film ‘The Seen and Unseen’ yang diputar di program ‘A Window on Asian Cinema’. Film ‘Marlina the Murderer in Four Acts’ yang melenggang ke Festival Film Cannes di Perancis pun diputar. ‘The Carousel Never Stops Turning’ karya Ismail Basbeth bahkan menggelar pemutaran perdana, dan mendapat cap Kim Jiseok Award dalam festival itu.


Image source: Recap.id

Baca juga: Lee Je Hoon Sakit, Park Eun Bin Jadi MC Tunggal di Pembukaan BIFF 2023

Sayangnya, BIFF masih dibayang-bayangi kontroversi politik yang gelap. Skandal itu berawal dari gelaran tahun 2015 karena menayangkan film dokumenter kontroversial, ‘Diving Bell: The Truth Shall Not Sink with Sewol’ meski telah didesak Wali Kota Busan untuk tidak menayangkannya.

Film itu sendiri bercerita tentang kritik soal penanganan tragedi feri Sewol yang tenggelam dan menewaskan 300-an orang. Setelah penayangan, pemerintah memotong kucuran dana pada BFF yang dituding ada skandal politik di baliknya.

“Meski festival tahun ini masih menghadapi masalah-masalah yang tak terpecahkan, kami tetap bertekad untuk mendukung sutradara-sutradara Asia baru, mendukung film-film baru Asia dan peran kami selanjutnya di industri film,” kata Kim Dong Ho, penggagas BIFF.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Doyoung NCT secara resmi debut solo dengan album YOUTH dan lagu utama Little Light pada 22 April yang sukses dengan menyapu posisi teratas di berbagai tangga lagu domestik dan internasional....
  • HOT !
    Komedian Jo Se Ho mengumumkan rencana pernikahannya yang akan datang! Dalam video yang dirilis eksklusif oleh 'You Quiz', terungkap bahwa Jo Se Ho akan menikah pada bulan Oktober tahun ini....
  • HOT !
    AKMU mendonasikan total 141 juta won (sekitar 1,6 miliar rupiah) kepada Pureun Asia, Rumah Sakit Severance, serta Institut Pengembangan Kesejahteraan dan Konseling Pemuda Korea untuk merayakan hari anniversary debut mereka yang ke 10....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)