home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Berbagai Manfaat Kesehatan dari Labu Kuning Halloween 'Jack O'Lantern'

Minggu, 29 Oktober 2017 16:00 by fzhchyn | 2460 hits
Berbagai Manfaat Kesehatan dari Labu Kuning Halloween 'Jack O'Lantern'
Image source: DIY Network

DREAMERS.ID - Nuansa hitam dan jingga biasanya sangat terasa di penghujung bulan Oktober saat perayaan Halloween, khususnya di negara-negara Barat. Berbarengan dengan musim gugur dan pesta panen, pumpkin alias labu kuning pun banyak dimanfaatkan saat Halloween untuk dibuat hiasan Jack O'Lantern.

Tak hanya bisa dimanfaatkan sebagai hiasan, ternyata buah ini juga kaya akan nutrisi. Dilansir dari Daily Mail, berikut adalah manfaat kesehatan labu kuning menurut ahli gizi Cassandra Barns.

1. Membantu menurunkan berat badan
Selain rasanya yang enak, seperti ubi jalar, labu kuning juga membantu menurunkan berat badan. Manfaat ini didapat karena labu kuning rendah kalori dan karbohidrat serta tinggi serat sehingga membantu seseorang kenyang lebih lama.

2. Menyehatkan kulit
Seperti halnya wortel dan ubi jalar, labu kuning juga kaya akan beta-karoten yang akan diubah menjadi vitamin A. Kandungan nutrisi ini dikenal dapat mencegah kerusakan sel-sel kulit yang mengakibatkan terjadinya penuaan.

3. Tinggi antioksidan
Minyak biji labu mengandung gamma-tocopherol, salah satu bentuk vitamin E. Senyawa yang bersifat antioksidan ini disebut dapat melindungi tubuh dari terbentuknya beberapa jenis sel kanker dan mengurangi peradangan. Selain tinggi antioksidan alami, minyak biji labu juga mengandung asam lemak tak jenuh ganda. Untuk mendapat kandungan alami, disarankan memilih labu kuning organik.

Baca juga: Latihan Fisik Para Artis Korea yang Bisa Kamu Tiru untuk Tetap Bugar

4. Menepis bad mood
Sumber terbaik dari magnesium ada pada biji labu kuning. Magnesium dipercaya dapat meringankan gejala depresi, mengatasi kesedihan, gangguan kecemasan, dan memperbaiki suasana hati seseorang. Hal ini karena magnesium memengaruhi reaksi kimia di otak dan berdampak pada timbulnya rasa rileks dan bahagia.

5. Sehatkan mata
Buah berwarna kuning atau oranye ini dapat menyehatkan mata, seperti memperlambat penurunan fungsi retina karena kandungan beta-karoten yang tinggi. Penurunan fungsi retina bisa menyebabkan kebutaan jika tidak ditangani dengan baik. Selain itu, nutrisi pada labu kuning ini juga menunda penyakit mata lainnya seiring bertambahnya usia.

6. Sehatkan jantung
Antioksidan pada labu memiliki efek perlindungan untuk seluruh tubuh, termasuk jantung dan pembuluh darah. Kemudian, tingginya serat pada buah labu dapat menjaga kadar Kolesterol dan membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini tentu dapat membantu mencegah penyakit jantung, karena hipertensi dan Kolesterol tinggi merupakan faktor risiko sakit jantung.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Dengan makan labu kuning, kita juga akan mendapatkan manfaat sehat dari asupan vitamin A dan C. Vitamin tersebut sangat penting untuk memelihara sistem kekebalan tubuh seseorang. Sangat pas menyantap sup labu kuning di musim hujan yang dingin untuk mencegah terserang penyakit, seperti flu, pilek, dan batuk-batuk.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)