home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Anies Baswedan Ungkap Alasan Tarif UMP 2018 Lebih Rendah dari yang Diajukan Buruh

Kamis, 02 November 2017 11:30 by Dits | 10660 hits
Anies Baswedan Ungkap Alasan Tarif UMP 2018 Lebih Rendah dari yang Diajukan Buruh
image source: pks-jakarta.or.id

DREAMERS.ID -Beberapa waktu lalu para buruh ramai – ramai turun ke jalan meminta pemerintah untuk menaikkan Upah Minimun Provinsi (UMP) di tahun 2018 mendatang. Menanggapi hal tersebut, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan lantas menyetujui permintaan tersebut.

Akan tetapi besaran UMP yang disetujui Anies Baswedan sebesar Rp3.648.035 mengikuti usulan dari pihak pengusaha. Nilai tersebut tentunya lebih rendah dari yang diminta oleh perwakilan buruh yaitu sebesar Rp3.917.398. Ia beranggapan dengan nilai yang disetujui sudah dapat menjangkau seluruh biaya hidup para buruh di Jakarta.

“Pemprov memiliki dua komponen sebelum memutuskan besaran UMP 2018. Pertama meningkatkan pendapatan, dan yang kedua menurunkan pengeluaran. Jadi UMP hanya salah satu instrumen. Hal lain yang tak kalah penting adalah mengurangi biaya hidup, dan inilah yang pemprov laukan,” ujar Anies di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (1/11) malam.

Pemerintah Provinsi akan meyibsidi Perusahaan Daerah Pasar Jaya sebesar Rp885 miliar di tahun 2018 mendatang. Subsidi tersebut diharapkan bisa membuat warga ibu kota untuk membeli harga bahan pokok murah di pasar. Pihak PD Pasar Jaya akan merilis Kartu ‘Jak Grosir’ yang ditujukkan untuk kaum buruh.

Baca juga: Respon Anies dan Ganjar yang Kompak Akan Maju Gugatan Ke MK

 Sementara itu, Kartu Jakarta Pintar (KJP) akan disubsidi sekitar Rp560 miliar. "Lalu kami akan memberikan pelayanan transportasi angkutan jalan yang lebih berkeadilan dengan memberikan kartu gratis TransJakarta bagi pekerja dengan angka gaji UMP," lanjutnya.

Lebih lanjut, berdasarkan keterangan nantinya subsidi tersebut akan bisa dinikmati buruh mulai 1 Januari 2018, termasuk naik bus TransJakarta gratis.

"Satu sisi kami naikan UMP, satu sisi lain akan turunkan biaya hidupnya dengan cara bantuan subsidi pangan, pemotongan biaya transportasi, dan biaya pendidikan untuk anak-anaknya dipermudah," imbuhnya.

 

(dits)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)