home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Deretan Orang Terkenal Indonesia yang Masuk Daftar Dugaan Pengemplang Pajak Dunia, Sandi Uno Masuk?

Selasa, 07 November 2017 14:08 by reinasoebisono | 1666 hits
Deretan Orang Terkenal Indonesia yang Masuk Daftar Dugaan Pengemplang Pajak Dunia, Sandi Uno Masuk?
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - Masih ingat dengan Panama Papers yang diungkap tahun lalu, berisi nama-nama penting di dunia yang diduga memiliki aset rahasia di luar negeri untuk menghindari pajak negaranya? Nama seperti Presiden Rusia Vladimir Putin hingga pesepakbola Lionel Messi pun terseret di dalamnya.

Kini terungkap lagi sebuah penyelidikan investigatif terbaru yang diungkap ke publik oleh surat kabar Jerman, Suddeutche Zaitung  yang kemudian meminta International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ) untuk melakukan penyelidikan.

Melansir Liputan6, pengungkapan ini juga memasukkan beberapa nama yang sudah tak asing lagi dari Indonesia. Setidaknya ada tiga nama yaitu politikus Prabowo Subianto, dan anak mantan Presiden Soeharto, Tommy dan Mamiek Soeharto.

Dalam laporan ICIJ, Prabowo disebut sebagai direktur dan wakil ketua Nusantara Energy Resources yang didaftarkan di Bermuda. Perusahaan yang didaftarkan pada tahun 2001 itu ditutup pada tahun 2004 dan terdaftar sebagai ‘debitur yang buruk’.

Namun Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon membantah jika Prabowo menghindari pajak, Perusahaan itu didirikan sekedar untuk administrasi bisnis. Sementara Fadli juga tidak mengetahui peran beberapa politikus Indonesia di dalamnya.

Hal yang sama juga didapat saat mencoba mengkonfirmasi ke pihak Tommy Soeharto di mana sang pengacara menolak berkomentar ketika BBC meminta keterangan. Detail informasi tersebut ada dalam 13.4 juta dokumen. Sebagian besar arsip itu memberi informasi tentang cara picik perusahaan papan atas dunia menyembunyikan kekayaan mereka yang sebenarnya.

Sementara itu, nama Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno juga masuk dalam daftar Paradise Papers. Setelah sebelumnya juga mengakui pernah memiliki saham di perusahaan offshore lain yang tercatat di Paradise Papers, NTI Resources.

"Itu bukan perusahaan cangkang, melainkan sudah go public di bursa saham Kanada," kata Sandiaga dikutip dari Tempo.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)