home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Fakta Mengagumkan dari Dukun Manten Pernikahan Kahiyang-Bobby yang Sudah Berusia 80 Tahun

Rabu, 08 November 2017 15:14 by reinasoebisono | 3617 hits
Fakta Mengagumkan dari Dukun Manten Pernikahan Kahiyang-Bobby yang Sudah Berusia 80 Tahun
Image source: Dreamers.id

DREAMERS.ID - Pernikahan anak Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution sarat dengan ritual dan adat Jawa. Pernikahan yang digelar pada Rabu (8/11) itu tak hanya memiliki dekorasi dan busana yang mencerminkan nuansa Jawa, namun prosesi adat pun turut dilakukan, bahkan sejak hari sebelumnya.

Beberapa di antaranya adalah adat panggih dan dulangan yang melansir Liputan6 adalah proses pertemuan antara mempelai pria dan mempelai wanita setelah akad nikah. Menariknya, ada sosok dukun manten atau bisa disebut pemandu upacara pernikahan yang bernama Ibu Sumaryono.

Ibu Sumaryono yang telah berusia 80 tahun itu terlihat memandu kedua mempelai ke singgasana pernikahan dan juga prosesi sungkeman. Pemilik Wisma Rias Cempaka Asri ini juga dipilih untuk merias Kahiyang agar terlihat manglingi.


Ibu Sumarsono (kanan) saat memandu prosesi sungkeman setelah Ijab Qabul

Namun ada beberapa fakta mengagumkan dari sosok Ibu Sumaryono yang memang terkenal sebagai perias kenamaan Solo. Dikutip dari laman Grid.id, putrinya yang bernama Aprin mengungkapkan jika sang ibu masih memiliki stamina yang baik.

Selain itu, semua klien, termasuk Kahiyang Ayu dirias sendiri olehnya. HS Sumaryono juga dikenal tidak memungut bayaran untuk jasanya saat merias acara tujuh bulanan. Itu disebut bentuk kegiatan sosial kepada sesama, terutama menyumbang jasa pada pasangan yang berbahagia menanti kelahiran anak.

Baca juga: Panembahan Al Nahyan, Anak Kedua Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution

“Semua klien, beliau sendiri yang merias dan membuat paes para pengantin, nggak diwakilin siapaun yang mengatasnamakan nama ibu ” ungkap Ibu Aprin yang juga mengungkapkan tangan Ibu Sumaryono masih stabil dan tidak gemetaran saat merias.


Ibu HS Sumaryono (Metro TV News)

“Saya juga heran loh, walaupun sudah sepuh, tangan ibu masih stabil dan luwes waktu merias. Nggak gemetaran.” Tambah Aprin yang membocorkan jika sang ibu sangat menjaga pola makannya.

Meski tak mewawancarai langsung Ibu Sumaryono karena harus beristirahat, namun ada bocoran tentang make-up yang digunakan untuk merias Kahiyang hari ini. Usut punya usut, ternyata pesil alis yang digunakan adalah merek dalam negeri.

“Nggak ada bedanya dengan klien ibu yang lainnya, untuk merias mbak Kahiyang, beliau pakai jenis makeup yang sama. Termasuk jenis pensil alis merek dalam negeri.” ungkap Ibu Aprin lagi.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)