home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bayi Pengidap AIDS Berhasil Disembuhkan

Senin, 04 Maret 2013 09:00 by miko | 2058 hits
Bayi Pengidap AIDS Berhasil Disembuhkan
pinterest.com

Penyakit HIV AIDS merupakan penyakit menakutkan karena belum ada obat untuk menyembuhkan penyakit ini. Namun kabar gembira datang dari seorang bayi yang bisa sembuh total setelah dirinya divonis menderita HIV AIDS.

Dunia kedokteran tentu mendapat pengetahuan baru dengan sembuhnya seorang bayi dari AIDS sejak ia dilahirkan. Bayi asal Mississippi, Amerika Serikat tersebut bisa sembuh total setelah menjalani pengobatan selama 2,5 tahun.

Dilansir dari Reuters, pencapaian ini diumumkan di Atlanta, menjadikan bayi tersebut sebagai pasien HIV kedua  di dunia yang berhasil disembuhkan. Sebelumnya ada pria dewasa di Berlin, Jerman yang sembuh berkat transpalansi tulang sumsum pada tahun 2007 silam.

Meski kini sudah dinyatakan tak ada gejala HIV, namun dokter tidak bisa menjamin nantinya dapat terjangkit HIV lagi.  Sementara itu, bayi perempuan ini terinfeksi HIV melalui ibunya yang berhenti melakukan pengobatan. Namun ia akhirnya bisa sembuh setelah menjalani pengobatan dengan obat dosis tinggi sejak kelahirannya.

Baca juga: Vespa Edisi Khusus dalam Rangka Perangi AIDS Ini Siap Rilis di Indonesia?

“Kalian dapat menyebut ini semacam pengobatan namun jika bukan ya ini yang dapat kalian saksikan,” tutur Dr. Anthony Fauci.

Para peneliti meyakini keputusan memulai pengobatan dalam waktu cepat dan agresif yang menjadi kunci keberhasilan ini. Para dokter mulai memberikan 3 jenis obat 31 jam setelah bayi tersebut lahir. Pemberian obat itu sendiri dilakukan sebelum hasil tes kesehatan menyatakan sang bayi terkena HIV.

Keberhasilan ini pun disambut gembira oleh publik karena memberikan harapan dalam penyembuhan HIV di seluruh dunia. Para ahli memandang hal ini dapat diaplikasikan pada bayi yang lahir dengan riwayat orangtua mengidap HIV. Namun WHO tetap merahasiakan proses detil penyembuhan ini dari publik.

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)