home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Siapa yang Kira-Kira Akan Jadi 'Sahabat' Korea Utara Jika Pecah Perang Dunia Ketiga?

Selasa, 21 November 2017 14:00 by reinasoebisono | 3758 hits
Siapa yang Kira-Kira Akan Jadi 'Sahabat' Korea Utara Jika Pecah Perang Dunia Ketiga?
Image source: slate.com

DREAMERS.ID - Situasi di Semenanjung Korea masih siaga satu, sementara ada peningkatan aktivitas di galangan kapal milik Korea Utara yang diprcaya sebagai persiapan rudal balistik operasionalnya. Kegiatan ini pun memunculkan indikasi jika Korut siap untuk Perang Dunia Ketiga.

Sementara Amerika Serikat masih bersikap sebagai ‘polisi dunia’ dengan mengirimkan armada tempur Carl Vinson yang dikawal kapal perang Jepang sebagai perlawanan untuk menghadapi Korea Utara. Namun negara pimpinan Kim Jong Un itu seakan tak peduli dan diduga tengah bersiap melakukan tes senjata nuklirnya.

Karena hal ini, sejumlah ilmuwan hingga peramal memprediksi jika konflik dan perang terbuka di Semenanjung Korea bisa pecah sewaktu-waktu. Jika benar pecah Perang Dunia Ketiga, siapa yang kira-kira akan jadi sekutu Kim Jong Un? Mengingat Cina kini sudah enggan membelanya.

Rusia

Berkurangnya dukungan dari Cina membuat Rusia diprediksi jadi sekutu yang paling diandalkan. Melansir Liputan6, meski mengecam program nuklir Korut, Rusia tetap tak ragu memperluas kerja sama perdaganan dan investasi di Korea Utara. Hingga kini, Rusia juga telah merevitalisasi kereta api dan jaringan transportasi Korut hingga mendatangkan kapal tanker minyak.

"Korea Utara tidak peduli dengan tekanan atau sanksi China karena masih ada Rusia di pihaknya. Pyongyang telah mempermainkan Beijing dan Moskow selama setengah abad, membiarkan keduanya bersaing untuk mendapatkan hak untuk membantu dan mempengaruhi Korea Utara," kata ahli soal Korut dari Australia National University, Leonid Petrov.

Baca juga: Korea Utara Kutuk Keras Amerika yang Gunakan Hak Veto Tolak Gencatan Senjata di Gaza

Kuba

Meski memiliki budaya yang sangat berbeda, Kuba bisa jadi adalah sekutu Korut yang paling teguh. Karena seperti Venezuela, Kuba turut mengutuk ‘imperialisme Barat’ sama halnya dengan Korut. Kuba juga negara yang menhindari efek perubahan rezim di negara sekitarnya.

Meskipun Kuba membuka diri pada dunia, juga pasar bebas, jauh lebih cepat daripada Korea Utara, media Pyongyang, PanAm Post melaporkan bahwa Raul Castro baru-baru ini menegaskan kembali dukungannya kepada pemimpin serikat pekerja Ju Yong-gil ketika dia mengunjungi negara Karibia tersebut awal pekan ini.

Iran dan Suriah

Korea Utara juga memiliki beberapa sekutu di Timur Tengah. Bahkan seorang wartawan Israel memberi julukan pada Korut, Iran dan Suriah sebagai ‘poros kejahatan’. Dukungan tersebut diwujudkan melalui perdagangan senjata.

Pakar proliferasi rudal dari Middlebury Institute of International Studies, Jeffrey Lewis mengatakan jika bertahun-tahun, pejabat Korut dan Iran terlihat berfoto bersama. Serta adanya kesamaan senjata antar dua negara tersebut. 

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)