home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bukan Ibu Kota, Inilah Kota Terkorup di Indonesia Tahun 2017

Kamis, 23 November 2017 10:22 by reinasoebisono | 3738 hits
Bukan Ibu Kota, Inilah Kota Terkorup di Indonesia Tahun 2017
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Korupsi masih menjadi perhatian besar bagi sebuah negara. Memang diklaim tidak ada yang benar-benar bersih dari korupsi, namun kira-kira daerah mana yang mendapat predikat sebagai kota paling terkorup di Indonesia?

Melansir laman CNN Indonesia, Transparency International Indonesia (TII) memberi kesimpulan jika Kota Medan, Sumatera Utara sebagai kota terkorup 2017. kesimpulan tersebut adalah hasil survei yang dilakukan TII mengenai indeks persepsi korupsi (IPK) di 12 kota besar di bagian barat, tengah, serta timur Indonesia.

"Angka 0 adalah paling buruk dan 100 adalah paling bersih," ucap Manajer Departemen Riset TII Wawan Suyatmiko.

Sementara itu Medan jadi kota terkorup karena hanya mendapat 37.4 poin. Setelahnya ada Makassar (53,4), Bandung (57,9), Semarang (58,9), Surabaya (61,4), dan Manado (62,8). Kemudian, Padang (63,1), Banjarmasin (63,7), Balikpapan (64,3), Pekanbaru (65,5), Pontianak (66,5), serta Jakarta Utara (73,9) yang merupakan kota terbersih dari praktik korupsi.

Baca juga: Tanggapan Presiden Jokowi Terkait Ditangkapnya Menteri KKP Edhy Prabowo Oleh KPK

Survei ini melibatkan sedikitnya 1.200 pengusaha di 12 kota untuk dijadikan responden, dengan masing-masing kota diambil sekitar 80-110 responden. Sektor usaha yang dilibatkan pun mencakup manufaktur, jasa, perdagangan, konstruksi dan keuangan.

Ada pula 5 indikator dalam survei tersebut. Pertama, aspek prevalensi korupsi yang mengukur seberapa besar dan sering penyelahgunaan wewenang terjadi antar lembaga pelayanan publik. Ada lagi akuntabilitas publik yang melihat bentuk pertanggungjawaban dana publik yang digunakan.

Selanjutnya adalah motivasi korupsi yang timbul terhadap pejabat publik. Yang keempat adalah dampak dari korupsi itu sendiri. Terakhir mengenai efektifitas pemberantasan korupsi di masing-masing kota.

Sementara itu, 12 kota yang disurvei dipilih atas beberapa pertimbangan, antara lain masing-masing kota adalah ibukota provinsi, menyumbang nilai produk domestik bruto (PDB) yang besar di tingkat nasional. Selain itu, kedua belas kota juga dianggap dapat mewakili masing masing wilayah bagian barat, tengah dan timur Indonesia.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)