home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dilantik, Presiden Zimbabwe Ini Gemar Pakai Batik Indonesia

Jumat, 24 November 2017 16:00 by Dits | 1544 hits
Dilantik, Presiden Zimbabwe Ini Gemar Pakai Batik Indonesia
image source: newsday.co

DREAMERS.ID -Emmerson Mnangagwa yang siap dilantik menjadi Presiden baru Zimbabwe pada Jumat (24/11) ternyata gemar memakai kemeja batik Indonesia. Ia bahkan kerap mengenakannya dalam acara resmi saat menjabat menjadi Wakil Presiden.

Mnangagwa terlihat mengenakan batik Indonesia saat peresmian Pekan Turisme Internasional Zimbabwe di Harare pada Septermber 2017 lalu. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Fungsi Ekonomi KBRI di Harare, Partogi Samosir.

"Beliau yang membuka dan beliau saat itu mengenakan batik kita (Indonesia). Kami sebagai perwakilan kedutaan diundang, kami hadir dan kami melihat beliau memakai batik ketika memberi sambutan," ujar Partogi Samosir, mengutip Kompas.

Yang terbaru, dua hari sebelum pelantikan sebuah situs berita Zimbabwe, NewsDay memberitakan kembalinya Mnangagwa dari Afrika Selatan untuk dilantik menjadi presiden Zimbabwe dengan menampilkan foto Mnangagwa memakai kemeja batik.


​image source: bbc.com

Menurut Partogi Samosir, digemarinya kemeja batik di Afrika karena secara kultural ada kemiripan selera antara orang Indonesia dan Afrika. "Orang-orang di sini senang sekali mengenakan baju-baju yang bercorak warna-warni. Lalu mereka temukan bahwa itu disimboliskan melalui batik. Makanya batik di sini laku dan mempunyai banyak penggemar."

Sebagai informasi, Mnangagwa bukanlah satu-satunya pejabat yang kerap mengenakan kemeja batik Indonesia, pemimpin Afrika lainnya yang dikenal sebagai tokoh besar Afrika Selatan, mendiang Nelson Mandela disebut sebagai pelopor para pejabat Afrika mengenakan batik Indonesia yang disebut dengan julukan 'the presidential shirt'.

(dits)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)