home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Erupsi Gunung Agung Meningkat, Pemerintah Himbau Warga Hati-hati dan Waspada Berita Hoax

Minggu, 26 November 2017 14:10 by Dits | 830 hits
Erupsi Gunung Agung Meningkat, Pemerintah Himbau Warga Hati-hati dan Waspada Berita Hoax
image source: twitter.com/sutopo_bnpb

DREAMERS.ID - Erupsi Gunung Agung di Bali kian meningkat hingga Minggu (26/11) waktu setempat. Ketinggian erupsi diperkirakan mencapai 3.000 hingga 4.000  meter dari puncak dengan kecepatan 18 km per jam. Sebaran abu vulkanik dipantau mengarah ke timur hingga tenggara menuju Lombok.

Peringatan penerbangan atau VONA (Volcano Onservatory Notice for Aviation) telah dihimbau oleh Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho. Peringatan dinaikan dari status orange menjadi red.

"Hingga Minggu (26/11) pagi pukul 08.30 WITA, erupsi Gunung Agung terus berlangsung. Hujan abu mengarah ke timur-tenggara ke arah Lombok. Status Siaga. VONA: RED," ujar Sutopo melalui Twitternya @sutopo_bnpb, Minggu (26/11).

Sutopo juga menyampaikan peringatan pada warga agar lebih berhati-hati dengan informasi yang tengah beredar terkait kondisi Gunung Agung, dan tetap menunggu informasi yang resmi dari pemerintah.

Baca juga: Bandara Ngurah Rai Ditutup dan Sejumlah Efek Lain Akibat Gunung Agung Bali Erupsi

Ia lantas mengatakan kalau foto abu tebal yang keluar dari kawah Gunung Agung dengan kepulan asap berwarna kuning kemerahan dikarenakan abu tersebut terkena efek cahaya sinar matahari.

"Warna kuning kemerahan dari erupsi Gunung Agung adalah efek cahaya sinar matahari saja. Bukan dari lava pijar atau api yang keluar dari kawah Gunung Agung. Kolom letusan abu vulkanik hingga 3.000 meter dari puncak kawah Gunung Agung," pungkasnya.

Seperti diketahui, erupsi terjadi sejak pukul 05.05 WITA dengan tinggi kolom abu gelap bertekanan hingga 2.000 meter. 40 menit kemudian, ketinggian mencapai 3.000 meter dari atas puncak. 

(dits/image source: twitter.com/sutopo_bnpb)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)