home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

AS Klaim Pengakuan Ibu Kota Israel Setelah Konsultasi dengan Indonesia, Kok Bisa?

Jumat, 08 Desember 2017 10:27 by reinasoebisono | 20250 hits
AS Klaim Pengakuan Ibu Kota Israel Setelah Konsultasi dengan Indonesia, Kok Bisa?
Image source: Republika Online

DREAMERS.ID - Secara mengejutkan, Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R. Donovan memberi pernyataan jika keputusan Amerika menjadikan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel sudah melalui konsultasi dengan Indonesia. Tak butuh waktu lama, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi langsung bereaksi, begitu juga dengan Presiden Jokowi. 

“Konsultasi ini maksudnya apa? Kalau dubes bertemu saya, iya, karena saya panggil dan yang saya sampaikan adalah posisi Indonesia untuk disampaikan ke pemerintah AS,” kata Retno seperti dilansir Anadolu Agency, Kamis (7/12).

Menlu Retno memang membenarkan adanya pertemuan dan komunikasi dengan Dubes Donovan pada Rabu malam sekitar 21.00. Namun ia menegaskan pertemuan itu menjelaskan posisi Indonesia soal Yerusalem, bukan mendukung pengakuan tersebut.

“Saya sampaikan bahwa pengumuman tersebut akan membahayakan proses perdamaian (Israel-Palestina) dan perdamaian itu sendiri,” ujar Menteri Retno. “Jadi posisi Indonesia sudah jelas (tidak mendukung),”

Baca juga: Mantan Istri Donald Trump, Ivana Trump Meninggal Dunia

Presiden Jokowi juga merespon keputusan Donald Trump itu dengan menyerukan PBB dan Organisasi Konferensi Islam atau OKI untuk membahas dan menentukan sikap. Ia juga mengatakan jika keputusan itu bisa mengguncang stabilitas keamanan dunia.

"pengakuan sepihak itu melanggar berbagai resolusi Dewan Keamanan PBB yang di sana AS merupakan salah satu anggota tetap, juga Majelis Umum PBB,” tutur Jokowi, Kamis (7/12). "Saya akan datang sendiri ke sidang OKI itu,"

Secara terpisah, sebelumnya, Dubes Donovan menyebut keputusan negaranya mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel sudah dikonsultasikan dengan negara-negara sekutu, termasuk Indonesia, melansir Suara.

“Kami telah berkonsultasi dengan para teman, mitra, dan sekutu kami, termasuk Indonesia, sebelum Presiden Trump mengeluarkan keputusannya,” jelas Donovan dalam keterangan resminya di Jakarta. “Yerusalem kini, dan harus terus menjadi, tempat warga Yahudi berdoa di Tembok Barat, umat kristiani melintasi Jalan Salib, dan umat Islam beribadah di Masjid Al-Aqsa,"

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)