home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Potret Langka Perlihatkan Kemegahan Bangunan Kakbah Tanpa 'Kiswah'

Senin, 11 Desember 2017 19:14 by RanaHanin | 3240 hits
Potret Langka Perlihatkan Kemegahan Bangunan Kakbah Tanpa 'Kiswah'
image source: suara nw

DREAMERS.IDKakbah adalah sebuah bangunan suci berbentuk kubus yang terletak di Mekah, Masjidil Haram. Bangunan itu dijadikan arah kiblat saat melaksanakan ibadah bagi umat muslim di seluruh dunia. Hingga sekarang ini, bangunan Kakbah selalu ditutup oleh sebuah kain hitam atau yang disebut kiswah.

Baru-baru ini, sebuah foto langka beredar di dunia maya menunjukkan eksterior bata merah Kakbah yang terlihat jelas sebelum dihias dengan kiswah. Foto tersebut merupakan gambar langka yang diambil pada tahun 1940 lalu. Alarabiya menjelaskan beberapa hal mengenai beberapa fakta tentang Kiswah.


image source: Alarabiyah

Kiswah merupakan sampul Kakbah yang terbuat dari sutera murni dengan berat sekitar 679 kilogram. 10 kilogramnya berlapis perak. Kiswah terdiri dari 47 gulungan dengan masing-masing panjang 14 meter dan lebar 95 sentimeter. Penutup Ka'bah ini dibuat di Arab Saudi selama 10 bulan dan menghabiskan biaya sebesar 22 juta riyal.

Alarabiya juga menjelaskan bahwa, di bagian bawah kiswah terdapat beberapa ayat Al-Quran yang berbunyi: "Oh, hiduplah, ya ampun, kasihanilah, syukur kepada Tuhan, Tuhan semesta alam." Selain itu, jahitan kiswah juga terdiri dari benang emas yang mengelilingi seluruh bagian Kakbah.


image source: Alarabiyah

Baca juga: Heboh, Mayat Perempuan WNI dalam Koper Ditemukan di Mekah

Dr. Mohammed Abdullah Bajuda selaku Manajer umum pabrik pembuat kiswah Kakbah mengatakan, bahwa kiswah mengalami pergantian setiap tahun. Pergantian tersebut dilakukan pada setiap 9 Dzulhijjah dari kalender Islam, yaitu saat jamaah haji berjalan ke Bukit Arafah pada musim haji. 

Ketika kiswah yang baru sudah terpasang di tubuh Kakbah, kiswah yang lama akan dibawa kembali ke pabrik dan disimpan dengan aman. Disebutkan, lebih dari 200 petugas bekerja di pabrik tersebut. 

Mereka tersebar di berbagai departemen yang dilengkapi dengan mesin canggih untuk pencelupan, penenunan, percetakan, pembordiran, penjahitan, dan perakitan sampul yang berharga. Pabrik kiswah tersebut pun merupakan pabrik terbesar di dunia dengan ketinggian 16 meter.

(rmh)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)