home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Majelis Hakim Gugurkan Gugatan Praperadilan Setya Novanto

Kamis, 14 Desember 2017 11:40 by Dits | 1122 hits
Majelis Hakim Gugurkan Gugatan Praperadilan Setya Novanto
Image source: Liputan6.com

DREAMERS.ID -Gugatan praperadilan jilid II yang diajukan oleh Ketua DPR (non aktif) Setya Novanto terkait kasus korupsi megaproyek pengadaan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) dinyatakan gugur oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Keputusan tersebut disahkan oleh Hakim Kusno saat sidang digelar Kamis (14/12).

"Menetapkan, menyatakan permohoan praperadilan yang diajukan oleh Pemohon (Setya Novanto) praperadilan gugur," ujar Kusno seperti yang dikutip dari laman Kompas.

Pertimbangannya praperadilan dinyatakan gugur setelah persidangan pokok kasus korupsi proyek e-KTP, dan Novanto duduk selaku terdakwa serta telah diperiksa di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta.

Merujuk pada Pasal 82 Ayat 1 Huruf d Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1981 (KUHAP) yang menyatakan "dalam hal suatu perkara sudah mulai diperiksa oleh pengadilan negeri, sedangkan pemeriksaan mengenai permintaan kepada praperadilan belum selesai, maka permintaan tersebut gugur". Aturan tersebut sudah jelas mengacu pada putusan Mahkamah Konstitusi nomor 102/PUU-XIII/2015.

Baca juga: Kata Setnov yang Rela Jual Rumah Lunasi Uang Pengganti Korupsi yang Dilakukannya

Tak hanya itu saja, hakim praperadilan juga menolak seluruh eksepsi dari pemohon. Hakim memerintahkan agar tetap melanjutkan proses hukum yang menjerat Novanto. "Menghukum pemohon untuk membayar biaya perkara sebesar nihil," jelasnya.

"Jadi demikian penetapan sudah saya bacakan pada hakikatnya hukum positif sudah jelas, permohonan praperadilan dinyatakan gugur dan terhadap praperadilan ini sudah tidak memungkin lagi diajukan upaya hukum," terangnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, mantan Ketua Fraksi Golkar tersebut didakwa karena telah menyalahgunakan kewenangan sebagai anggota DPR RI terkait kasus korupsi e-KTP. Atas perbuatannya tersebut, ia merugikan negara Rp 2,3 triliun, dari total nilai proyek Rp 5,9 triliun.

(dits)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)