home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mirisnya Budaya Indonesia: Menonton Kecelakaan Sebabkan Kemacetan

Jumat, 15 Desember 2017 17:50 by reinasoebisono | 1737 hits
Mirisnya Budaya Indonesia: Menonton Kecelakaan Sebabkan Kemacetan
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban.

Perilaku tersebut tentu bukan perilaku yang baik karena mengganggu pengendara lain yang melintas. Tak sedikit pula justru terjadi kecelakaan lanjutan karena berhenti di tengah jalan. Hal ini pun jadi perhatian pegiat berkendara secara aman dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDCC).

Menurut training director dari JDDC Jusri Pulubuhu, jika masyarakat ingin menolong korban, lakukan hal yang benar. Contohnya, mengamankan lokasi kejadian agar pengendara lain tidak terganggu. Dan segera menghubungi rumah sakit untuk dikirimkan ambulans atau pihak kepolisian.

Baca juga: Anehnya Penjelasan dan Ekspresi Sopir Truk Usia 18 Tahun Pelaku Tabrakan Beruntun di GT Halim

"Segera membagi tugas, mengamankan lokasi kecelakaan agar tidak terjadi kecelakaan berikutnya, menghubungi pihak pihak kompeten, yakni kepolisian dan ambulans sehingga bisa melakukan pertolongan pertama dengan tepat," kata Jusri mengutip Kompas.

Tentu saja, budaya ‘menonton kecelakaan’ ini perlu diubah dengan cara sosialisasi, pelatihan atau kampanye terkait kesadaran berada di jalan raya. Termasuk juga pengetahuanpertolongan pertama pada kecalakaan.

"Jadi apa yang dilakukan biasanya dilakukan prosedur-prosedur itu biasanya disosialisasi oleh perusahaan-perusahaan multinasional dan pemerintah juga aktif menyosialisasikan," kata Jusri.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)