home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Harus Siap, Seberapa Besar Kekuatan Indonesia dalam Perang Nuklir Korea Utara?

Rabu, 20 Desember 2017 17:18 by reinasoebisono | 32053 hits
Harus Siap, Seberapa Besar Kekuatan Indonesia dalam Perang Nuklir Korea Utara?
Image source: Tempo

DREAMERS.ID - Suasana di Semenanjung Korea semakin panas dengan perseteruan antara Korea Utara yang mengklaim siap dengan senjata nuklirnya, dan Amerika serikat dengan sederet provokasinya membuat prediksi perang nuklir bergulir hebat.

Meski Indonesia tidak memiliki kepentingan mau pun konflik, namun bisa terkena dampak resiko perang nuklir. Lalu bagaimana dengan kemampuan persenjataan negara alias alatutama sistem persenjataan atau Alutsista Indonesia?

Melansir Viva, Alutsista yang dimiliki Indonesia belum maksimal. Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan, Universitas Pertahanan, Laksamana Muda TNI, Amarulla Octavian berharap, anggaran untuk Alutsista TNI ditingkatkan. Karena rancangan anggaran sampai 2024 belum memperhitungkan skenario perang nuklir.

“Makanya, jika sekarang ini dianggap penting, ya tambahkan anggaran sedikit untuk TNI, khususnya untuk pertahanan anti nuklir. Itu kan bisa diambil 1,5 persen dari 20 persen dana pendidikan, atau bisa juga dari dana e -KTP mungkin,” katanya sambil tersenyum.

“Intinya, bagaimana negara menyelamatkan uang dan kemudian untuk mengalakosikan ke pertahanan itu penting. Karena jika tidak, apa yang kita bangun sia-sia, jika ditembak nuklir. Seberapa pun mahalnya, harus kita miliki,”


Rudal terbaru Korea Utara, Hwasong 15 (South China Morning Post)

Karena bagaimana pun, tidak ada suatu konflik atau perang di suatu wilayah yang tidak berdampak pada Indonesia. Apa lagi Korut mengancam mengarahkan nuklirnya ke beberapa negara dan bisa saja mengarah ke Selatan.

Baca juga: Korea Utara Kutuk Keras Amerika yang Gunakan Hak Veto Tolak Gencatan Senjata di Gaza

“Tetapi, begitu Korut ngeluarin nuklir, ya kita yang bahaya. Jumlah prajurit dia lebih banyak, tetapi kualitas pasukan kita dinilai banyak pihak lebih baik. Contohnya, kita 16 tahun juara nembak, sedangkan tentara Korut belum pernah,” kata Amarulla.

Ada pula perhitungan perlindungan dari nuklir. Amarulla mengatakan jika TNI harus memiliki konsep perlindungan untuk dan oleh masyarakat, salah satunya adalah menyiapkan bunker.

“Kita cuma punya waktu berlindung 16 menit, itu dari kalkulasi kita (TNI). Dan, apakah arahnya (rudal) ke Amerika, atau ke mana kita enggak tahu. Kecepatan rudal itu hampir di atas dua kali kecepatan suara. Ya, untuk masyarakat sembunyi, kalau TNI menghadang dengan pesawat,” katanya.


Image source: Republika

“Jadi, dalam hubungan internasional bahasa itu ada konsekuensinya terhadap militer. TNI harus siap. Posisi kita ingin menjaga hubungan baik dengan Korut, namun juga menjaga perdamaian dunia. Kalau ada masalah atau perang, dampaknya kan ada pada kita. Kita berharap, meredakan tensi dengan diplomasi pertahanan.”

Namun yang terbaik tetap pendekatan secara diplomasi kepada Korea Utara agar terbuka mengizinkan Indonesia dan TNI mengkroscek kondisi di sana. Hal ini untuk menjawab keraguan apa benar Korut memiliki nuklir atau hanya untuk menggertak Amerika.

“Kita berharap Korut mau berdialog lagi. Sekarang ini kan satu forum kerja sama antarmereka itu berhenti sejak 2009. Ini penting, karena dalam hubungan internasional putusnya komunikasi itu berbahaya. Di sini pentingnya agar Korut mau duduk bersama berdialog lagi,” timpal Amarulla.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)