home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tak Hanya Empat Huruf Soal Tren Sosial, Kenali Makna dari Singkatan 'LGBTQQIAAP'

Rabu, 20 Desember 2017 18:15 by reinasoebisono | 3208 hits
Tak Hanya Empat Huruf Soal Tren Sosial, Kenali Makna dari Singkatan 'LGBTQQIAAP'
Image source: iStock

DREAMERS.ID - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan jika tak satu pun agama di muka bumi yang mentolerir perilaku LGBT. Namun permasalahannya adalah bagaimana masyarakat menyikapi mereka yang memiliki orientasi seksual semacam itu.

Menteri Lukman pun tetap menghimbau masyarakat untuk tidak menjauhi pelaku LGBT. Justru harus dirangkul dan diayomi. Karena kata Lukman, agama adalah mengajak, jika ditemukan perilaku yang dianggap menyesatkan, jadi kewajiban penganut agama untuk mengajak ke jalan yang benar.

Isu sosial semacam ini memang tengah diviralkan beberapa tahun belakangan. Namun ternyata ada berbagai singkatan yang menggambarkan orientasi seksual lain selain heteroseksual atau penyuka lawan jenis. Apa saja istilah tersebut melansir laman BBC?

L - lesbian: seorang perempuan yang tertarik dengan perempuan lain.

G - gay: seorang pria yang tertarik dengan pria lain atau sering dipakai untuk menggambarkan homoseksual.

B - bisexual: orang tertarik baik kepada pria dan perempuan.

T - transgender: orang yang identitas gendernya bukan laki-laki dan perempuan atau berbeda dengan yang biasa ditulis dokter di sertifikat kelahiran.

Baca juga: Madonna Didenda 1 Juta Dolar karena Dukung LGBT

Q - queer: pada awalnya dibuat sebagai istilah kebencian. Kata ini bisa digunakan sebagai pernyataan politik dan menunjukkan seseorang yang tidak mau diidentifikasi sebagai gender yang bisa dipasangkan, misalnya laki dan perempuan, homoseksual dan heteroseksual, atau mereka yang tidak mau diberi label berdasarkan orientasi seksual mereka.

Q - questioning: seseorang yang masih mengeksplorasi identitas gender dan orientasi seksual mereka.

I - intersex: orang yang tubuhnya jelas bukan laki atau perempuan. Ini mungkin karena mereka memiliki kromosom yang bukan XX atau XY atau karena alat reproduksi mereka bukan dikategorikan sebagai 'standar'.

A - allies: orang yang mengidentifikasi diri sebagai heteroseksual namun mendukung komunitas LGBTQQIAAP.

A - asexual:orang yang tidak tertarik secara seksual kepada gender apa pun.

P - pansexual: orang yang ketertarikan seksualnya bukan berdasarkan gender dan bisa mengkategorikan diri ke gender atau identitas seksual apa pun.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)