home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Apple Sengaja Buat iPhone Lemot Setelah Satu Tahun Dipakai?

Jumat, 22 Desember 2017 12:00 by fzhchyn | 3548 hits
Apple Sengaja Buat iPhone Lemot Setelah Satu Tahun Dipakai?
Image source: Daily Star

DREAMERS.ID - Setelah dipakai dalam kurun waktu tertentu, performa smartphone memang cenderung melambat atau lemot yang bisa dikarenakan berbagai faktor. Namun ada asumsi yang mengatakan bahwa Apple melakukan hal tersebut dengan sengaja pada iPhone.

Melambatnya performa iPhone ini terjadi karena kekuatan baterai yang mulai melemah, dan Apple juga sudah mengakui masalah ini. Kekuatan baterai lithium-ion memang akan terus menurun seiring berjalannya waktu, yang ditandai dengan berkurangnya kapasitas daya yang bisa disimpannya.

Melansir Detik, melemahnya baterai lithium-ion ini akan terjadi dengan sangat cepat untuk ponsel yang benar-benar dipakai selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Dan Apple memang sengaja mengurangi kecepatan iPhone seiring dengan melemahnya baterai ponsel tersebut.

Hal ini dilakukan agar ponsel tersebut tak terlalu cepat kehabisan baterai, karena kapasitas penyimpanan dayanya yang sudah melemah. Hal ini membuat ponsel lebih nyaman digunakan, karena bisa mengurangi kemungkinan ponsel me-restart secara tiba-tiba.

Namun untuk ponsel yang harganya di atas Rp 10 juta, tentu hal ini sangat menyebalkan. Karena setelah setahun dipakai, performa iPhone sudah menurun drastis, setidaknya itu menurut developer Geekbench John Poole.

Baca juga: iPhone 15 Baru Bisa Dipesan, Apple Dikabarkan Tengah Siapkan iPad Lipat!

Ada beberapa hal yang sebenarnya bisa dilakukan Apple untuk mengatasi hal ini, salah satunya adalah menggunakan baterai dengan kapasitas lebih besar. Namun hal ini sepertinya sulit terjadi karena akan membuat bodi ponsel lebih tebal dan lebih berat.

Atau Apple juga bisa mempermudah dan mempermurah biaya untuk mengganti baterai iPhone. Karena dengan mengganti baterai iPhone, akan mengembalikan performa iPhone yang sudah menurun. Sebagai informasi, saat ini biaya yang dipatok oleh Apple untuk mengganti baterai iPhone adalah USD 79, atau sekitar Rp 1 juta.

Praktik memperlambat performa iPhone ini diduga baru terjadi di iPhone 6, 6S, SE dan 7. Tak jelas apakah hal serupa terjadi pada iPhone yang lebih jadul. Belum jelas juga seberapa banyak Apple memperlambat prosesor yang dipakai di iPhone, namun yang jelas dari skor Geekbench yang didapat, sepertinya jumlah pengurangannya cukup signifikan.

Apple sendiri mengaku kalau mereka hanya membatasi performa prosesor agar tak melonjak terlalu tinggi. Ini artinya, jika benar maka pengurangan tersebut tak akan berpengaruh pada penggunaan ponsel sehari-hari, dan hanya berpengaruh ketika membuka aplikasi baru.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)