home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Buat Sushi Berwajah Santa Clause yang Mudah Ini Untuk Rayakan Natal, Yuk!

Selasa, 26 Desember 2017 12:23 by dodo07 | 1266 hits
Buat Sushi Berwajah Santa Clause yang Mudah Ini Untuk Rayakan Natal, Yuk!
Image source: youtube

DREAMERS.ID - Di hari raya besar dari umat Kristiani ini, banyak sekali hal dan kegiatan unik yang dilakukan masyarakat dari berbagai belahan dunia untuk menyambutnya. Tentu yang paling utama adalah sajian makanan.

Seperti dilansir oleh Japan Today, saat ini masyarakat Jepang sedang dihebohkan dengan makanan khasnya yaitu Sushi yang dijajakan dalam bentuk menyerupai Santa Claus. Tetapi, bagi Dreamers yang ingin mencobanya tidak usah jauh-jauh pergi ke Jepang.

Selagi libur panjang, coba membuat Sushi Santa sendiri bisa jadi sebuah kegiatan yang berarti bagi yang tidak memiliki rencana berlibur. Nah, berikut adalah resep dan juga video dari Make Sushi yang bisa kalian saksikan langsung selama membuatnya.

Baca juga: Bikin Sate Ayam Saus Gochujang Ala Korea Yuk

Bahan:

  • 3 stik kepiting
  • 1 potong tuna sashimi
  • 2 wortel (rebus)
  • Nasi putih setengah matang, secukupnya
  • Nasi merah setengah matang, secukupnya
  • Beberapa lembar Nori (rumput laut kering)

Cara membuat:

  1. Kupas kulit bagian oranye dari masing-masing stik kepiting. Ambil 1 setengah lembar Nori, dan bungkus 3 stik kepiting yang sudah dikupas tersebut. Biarkan selama 4-5 menit.
  2. Ambil tuna Sashimi dan letakkan dibawah bungkusan stik kepiting untuk mulai membuat topi Santa. Tuna harus sedikit lebih lebar tetapi panjangnya harus sama dengan bungkusan stik kepiting karena tuna harus diiris sekitar 0,5 cm untuk membentuk model topi santa.
  3. Ambil satu wortel yang sudah direbus empuk dan potong wortel menjadi persegi dan sama panjangnya dengan bungkusan stik kepiting. Kemudian iris setiap tepi wortel hingga berbentuk bulat. Bungkus wortel dalam sepotong Nori. Tempatkan wortel berbungkus nori tersebut disebelah bungkusan stik kepiting dibawah tuna.
  4. Simpan bentuk topi yang sudah dibuat tersebut kedalam kulkas. Kemudian, ulangi pemotongan dan proses pembungkus dengan potongan wortel yang tersisa, dan sisihkan untuk digunakan nanti.
  5. Ambil setengah lembar Nori dan potong menjadi 3 bagian. Tambahkan sedikit nasi putih untuk masing-masing bagian dan buat jadi gulungan kecil. Ulangi pada setengah lembar Nori lainnya hingga terbuat 5 gulungan kecil.
  6. Lalu, buat lembaran Nori yang ektsra panjang dengan menempelkan dua lembar Nori dengan menggunakan sedikit nasi sebagai lemnya. Potong 2 gulungan kecil diatas jadi dua bagian dan letakkan ke empatnya pada lembaran Nori yang panjang dengan jarak sekitar 1 cm dari salah satu tepi dan menghadap keatas.
  7. Tambahkan tengah atas 4 gulungan nasi dengan lapisan nasi secara tipis. Selanjutnya letakkan  ½ gulungan nasi di atas lapisan nasi tersebut untuk membuat wajah tersenyum. Tambahkan juga sedikit nasi ke sisi wajah tersenyum untuk menjaga mereka agar tetap di tempat.
  8. Sekarang tambahkan sedikit nasi lagi di atas roll yang membuat wajah senyum. Di atanya, letakkan dua setegah gulung nasi (dengan menghadap ke bawah) untuk membuat bentuk ‘v’ di atas nasi. Lalu, tempatkan dua bungkus wortel yang tersisa tadi diatas bentuk ‘v’ dan akan menjadi hidung Santa.
  9. Tambahkan 2 gulungan nasi pada sisi-sisi samping (menghadap ke bawah) untuk membuat bentuk jenggot. Ambil 2 buah kecil Nori dan oleskan dengan air untuk menutupi.
  10. Basahi tangan Anda sedikit dan ambil sedikit nasi merah, letakkan nasi merah tersebut diatas lapisan yang membentuk hidung. Buat mata di atas nasi sushi merah dengan menambahkan dua gulungan nori, lalu lapisi tipis ladi dengan nasi merah.
  11. Tambahkan sedikit nasi sushi putih di sisi merah muda untuk memastikan Anda memiliki bentuk bulat.
  12. Sekarang ambil topi yang sudah dirakit tadi dari dalam kulkas dan letakkan di atas wajah santa yang baru saja dibuat. Tutup semua bentuk wajah tersebut dengan menggunakan lembaran nori yang panjang dengan cara digulung. Tinggalkan gulungan selama 3-5 menit sehingga mengencangkan sebelum Anda mengirisnya.
  13. Jika sudah siap untuk dipotong, pastikan pisau yang digunakan sangat tajam dan sedikit basah. Wajah santa dapat terlihat setelah irisan yang kedua.

Selamat mencoba ^^

(nnd)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)