home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pemprov DKI Jakarta Resmi Ubah Nama PKL Jadi PKM

Sabtu, 30 Desember 2017 11:45 by Dits | 2369 hits
Pemprov DKI Jakarta Resmi Ubah Nama PKL Jadi PKM
image source: merdeka

DREAMERS.ID -Pada Jumat (29/12), Pemrov DKI Jakarta resmi mengubah istilah Pedagang Kaki Lima (PKL) menjadi PKM alias Pengusaha Kecill Mandiri. Perubahan nama tersebut diumumkan langsung oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno.

"Mulai hari ini (Jumat), kami khususnya untuk di Tanah Abang dan di tempat lain mulai menggunakan terminologi baru. Bukan PKL, tapi PKM, yaitu pengusaha kecil mandiri," ujar Sandiaga saat menggelar jumpa pers di Jakarta Smart City, Balai Kota, melansir detik, Jumat (29/12).

Nama PKL menurut Sandi tak pantas digunakan karena mereka merupakan penggerak utama perekonomian Indonesia. Berdasarkan data dan juga pantauan dari Jakarta Smart City, PKM merupakan penyumbang produk domestik bruto atau gross domestic product (GDP).

Baca juga: Jakarta Sudah Bukan Ibu Kota dan Alami Kekosongan Hukum Terkait Status Ibu Kota?

"PKM ini seperti kita ketahui adalah tulang punggung perekonomian kita. Sekitar 67 persen dari GDP kita disumbang oleh PKM dan 97 persen lapangan pekerjaan disumbang oleh PKM," jelas Sandiaga.

Sandi menyebut kalau dari data perbankan, PKM adalah kreditur paling patuh, terlebih terhadap cicilan pinjaman. Sehingga pelaku ekonomi ini harus mendapatkan perhatian khusus dari Pemrov DKI.

"Berdasarkan data-data perbankan, PKM itu tingkat kepatuhannya di atas 90 persen, tidak pernah ngemplang kredit, dan pajaknya, tingkat kepatuhannya juga tinggi. Jadi (PKM) ini adalah sektor yang ingin kami jaga sesuai dengan tadi tiga utama. Satu mengatasi pengangguran, mengurangi kemiskinan, dan ketimpangan tidak semakin melebar,” pungkasnya.

(dits)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)