home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Makin Mesra Buat Haru, Korsel-Korut Sepakat Pakai Satu Bendera di Olimpiade PyeongChang!

Jumat, 19 Januari 2018 07:00 by reinasoebisono | 4541 hits
Makin Mesra Buat Haru, Korsel-Korut Sepakat Pakai Satu Bendera di Olimpiade PyeongChang!
Image source: Fox Sports Asia

DREAMERS.ID - Meski berada di tengah dikonfrontasi oleh Amerika Serikat, khususnya Donald Trump, isyaat perdamaian antara Korea Selatan dan Utara makin terlihat mesra. Terlebih ketika beberapa usaha damai dari Kim Jong Un (Korea Utara) disambut baik oleh Presiden Korea Selatan, Moon Jae Im.

Kini nampaknya dua negara di Semenanjung Korea itu makin cair di bawah bendera persatuan dalam ajang olahraga, Olimpiade Pyeongchang. Terobosan diplomatik itu diungkapkan Korea Selatan pada Rabu (17/1).

Untuk kontingen, keduanya sepakat menggunakan Bendera Unifikasi Korea. Berwarna putih, dengan siluet peta Semenanjung Korea dan beberapa pulau di sekitarnya. Meski mendapat sambutan hangat, rencana itu harus mendapat persetujuan dari Komite Olimpiade Internasional (IOC).


Image source: Getty Images

Baca juga: Bakal ‘Lawan’ Negaranya Sendiri, Ini 3 Pemain Timnas Korsel yang Kata STY Paling Berbahaya

"Kedua negara juga sepakat untuk membentuk tim hoki  es perempuan bersama untuk berlaga di Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang yang akan dimulai awal bulan depan," kata Kementerian Unifikasi Korea Selatan, seperti dilansir CNN.

Selain soal bendera, Kementerian Unifikasi juga membeberkan rencana sejumlah aktivitas ‘persatuan’ antar negara, yang merupakan hasil pembicaraan tingkat tinggi pertama di Desa Pamunjom 10 Januari lalu.

Di antaranya adalah pemain ski Korea Utara dan Selatan akan berlatih bersama di kawasan wisata Korea Utara sebelum Olimpiade. Kedua negara ini juga akan menggelar penampilan bersama dalam acara budaya di Olimpiade PyeongChang yang diadakan pada 9-25 Februari mendatang.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)