home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gantian, Kini Mobil yang Dilarang Masuk Jalur Motor di Jalan Thamrin

Jumat, 19 Januari 2018 11:40 by reinasoebisono | 2611 hits
Gantian, Kini Mobil yang Dilarang Masuk Jalur Motor di Jalan Thamrin
Image source: Metro TV News

DREAMERS.ID - Transportasi roda dua sepeda motor kembali diperbolehkan melintas di jalan protokol MH Thamrin, Jakarta Pusat. Tak hanya diperbolehkan namun juga ‘dimanjakan’, motor akan memiliki jalurnya sendiri dan spesial.

Dinas Perhubungan DKI Jakarta menerapkan jalur khusus motor di Jalan MH Thamrin dan Jalan Medan Merdeka Barat. Selain dilarang keluar dari jalur tersebut, mobil ternyata juga dilarang menggunakan jalur bermarka khusus itu.

Jalur yang dicat warna kuning itu bertuliskan ‘sepeda motor’ dan kebijakannya tertuang dalam bentuk penataan lalu lintas sementara pascapencabutan Peraturan Gubernur Nomor 195 Tahun 2014 tentang Pembatasan Sepeda Motor.

Nantinya, sepeda motor yang keluar jalur kuning itu akan dikenai sanksi tilang, begitu juga dengan mobil yang memasuki jalur khusus itu. Namun ada pengecualian untuk kendaraan yang keluar masuk gedung di sepanjang jalan tersebut.

Baca juga: Jumlah Mengejutkan Populasi Motor di Jakarta yang Disebut Jadi 'Biang' Polusi Udara

"Marka sudah jadi," kata Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Widjatmoko, Jumat (19/1).

Ada 6 titik di mana marka itu terpasang. Tiga titik di sisi timur Jalan Medan Merdeka Barat, Satu  titik di Jalan MH Thamrin di depan Kementerian ESDM, satu titik di sisi timur Jalan MH Thamrin di depan Bank Mandiri, serta satu titik di depan Sarinah.

Namun Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya mengaku belum mengetahui lebih jelas konsep jalur khusus yang dibuat Pemprov DKI. Begitu pun perihal sanksi tilang untuk pelanggatan belum diputuskan.

"Waktu rapat (Pemprov DKI bersama Ditlantas Polda Metro) itu memang ada rencana demikian (jalur khusus), tapi konsepnya saya belum tahu," kata Kepala Subdirektorat Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKB Budiyanto. "Belum tahu konsepnya, coba tanya dishub," 

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)