home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Puncaki Chart Musik, Sunmi 'Heroine' Disebut Plagiat Lagu Barat Ini

Jumat, 19 Januari 2018 17:05 by muthiasp | 2446 hits
Puncaki Chart Musik, Sunmi 'Heroine' Disebut Plagiat Lagu Barat Ini
Image source: Hankook Kyungje

DREAMERS.ID - Setelah sukses dengan singleGashina’, Sunmi akhirnya resmi comeback dengan merilis lagu terbaru berjudul ‘Heroine’. Meski menuai prestasi, sayangnya peluncuran lagu ini diiringi oleh kabar buruk yang menyebut lagu tersebut adalah hasil plagiat.

Dilansir dari laman Koreaboo, sesaat setelah lagu tersebut dirilis, media sosial diramaikan oleh netizen yang melihat adanya kemiripan pada bagian hook diantara lagu ‘Heroine’ dan ‘Fight for This Love’ milik penyanyi cantik Cheryl Cole, yang sukses menyapu bersih tangga musik Inggris pada tahun 2009 lalu.

“Ini adalah plagiarisme. Video musik dan konsepnya sangat sama dengan ‘Fight for This Love’,” tulis seorang netizen. Kemudian netizen lain juga menangkap kesamaan dibagian melodi lagunya, “Aku bukan ahli dalam membuat musik tapi suara ini terlalu sama dengan lagu Inggris untukku. Apakah dia terlalu terburu-buru untuk comeback? Aku sangat kecewa”.

Lagu ‘Heroine’ sendiri merupakan ciptaan produser The Black Label, Teddy dan 24, sementara liriknya ditulis oleh Teddy dan Sunmi. Jika dilihat lagi, mereka merilis lagu di tanggal yang sama, lagu milik Cheryl Cole itu rilis lebih dahulu pada 18 Oktober 2009, sedangkan Sunmi pada 18 Januari 2018.

Baca juga: Tampil Beda, Sunmi Usung Konsep Creepy dalam MV Comeback STRANGER

Selain itu ketika dianalisa lagi, dua lagu itu memang memiliki kesamaan dibagian BPM (beat per minute), dan juga kuncinya di G. Teddy, Black Label, maupun MakeUs Entertainment selaku agensi yang menaungi Sunmi belum merilis pernyataan resmi terkait isu tersebut. Para penggemar pun kembali mengingat lagu ciptaan Teddy yang juga sempat diduga memplagiat karya orang lain, yaitu 2NE1 ‘I Don’t Care’ dikatakan mirip dengan Lionel Richie ‘Just Go’.

Sementara itu, lagu Cheryl Cole ‘Fight for this Love’ juga pernah diduga hasil plagiat lagu Kelis ‘Lil Star’ yang rilis di tahun 2007, tetapi saat itu agensinya menyatakan lagu tersebut mengambil sample dari Paul Anka ‘Hold Me ‘Til the Morning Comes’, yang mana nadanya juga ada yang digunakan di lagu Sunmi ‘Heroine’. Pengambilan sample nada dari lagu lama untuk dikembangkan di lagu kabarnya sudah biasa dilakukan di industri musik.

Coba dengarkan ketiga lagu di video berikut. Bagaimana pendapat kalian, Dreamers?

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Tanggal 19 April 2023 menjadi hari penuh duka bagi ASTRO dan AROHA (fandomnya). Hari itu, Moonbin ditemukan meninggal dunia di rumahnya....
  • HOT !
    Parc Jae Jung mengumumkan tanggal wajib militernya melalui Instagram pribadinya. Selain itu, ia mengungkapkan rencana untuk lagu baru sebelum menjalani tugas negara tersebut....
  • HOT !
    Apink dipastikan tampil di ‘Knowing Bros’ untuk pertama kalinya dalam enam tahun. Episode yang menampilkan girl group ini dijadwalkan tayang pada 27 April mendatang....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)