home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jerawat Hingga Penuaan Dini, Masalah Kulit yang Bisa Timbul Akibat Smartphone

Minggu, 21 Januari 2018 10:25 by fzhchyn | 2942 hits
Jerawat Hingga Penuaan Dini, Masalah Kulit yang Bisa Timbul Akibat Smartphone
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Banyak yang mengatakan smartphone adalah satu benda paling jorok yang kita miliki. Peneliti mikrobilogi dari University of Arizona menemukan fakta bahwa ponsel membawa bakteri 10 kali lipat lebih banyak dibanding kebanyakan dudukan toilet.

Bakteri-bakteri di layar sentuh tentunya akan membawa dampak negatif bagi organ kita yang paling sering menyentuh layar smartphone, yakni kulit. Melansir Allure, berikut adalah lima masalah kulit yang disebabkan oleh bakteri yang menempel di smartphone.

1. Jerawat

Ponsel adalah magnet bertumbuhnya bakteri, dimana makeup, minyak wajah, dan toksin terakumulasi di dalam layar smartphone setiap hari. Saat mengangkat telepon dengan menempelkan ke daun telinga, kita juga menempelkan bakteri ke kulit, menutup pori-pori hingga akhirnya menimbulkan jerawat.

2. Alergi kulit

Sebagian besar komponen smartphone mengandung zat logam nikel dan kromium yang menjadi salah satu penyebab utama alergi pada kulit. Merasa ada ruam yang gatal di sekitar wajah atau tangan, bisa jadi merupakan reaksi atas alergi akibat ponsel.

3. Tech neck dan keriput di leher

Baca juga: Latihan Fisik Para Artis Korea yang Bisa Kamu Tiru untuk Tetap Bugar

Tech Neck adalah penyakit yang diderita kebanyakan milenial saat ini. Penderitanya mengalami bahu yang membungkuk ke depan dengan sudut yang tidak nyaman. Hal ini diakibatkan oleh kebiasaan menunduk saat melihat layar smartphone, atau laptop dalam waktu yang lama dan berulang.

Selain menyebabkan tech neck, kebiasaan menunduk berulang-ulang akan meningkatkan keriput pada leher. Kulit leher kita yang lembut (elastis), membuatnya mudah terpengaruh oleh kemiringan yang berulang dan kebiasaan melihat ke bawah. Kebiasaan tersebut juga bisa mengurangi elastisitas kulit, dan menjadi faktor paling banyak kedua penyebab kulit keriput.

4. Bintik hitam

Penelitian terbaru membuktikan jika blue light pada layar smartphone dapat meningkatkan produksi pigmen yang menimbulkan bintik penuaan dini dan hyperpigmentation. Jika seseorang menderita melasma (belang kecokelatan di wajah), panas yang dihasilkan ponsel dapat memperburuk masalah tersebut.

5. Penuaan dini

Menurut direktur peneliti kosmetik dan klinis, Joshua Zeichner, cahaya tak terlihat dari smartphone memiliki efek buruk pada penuaan kulit. "Dengan menciptakan inflamasi, cahaya yang tak terlihat bisa menimbulkan kerusakan kolagen dan kerutan dini", jelasnya, mengutip Kompas.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)