home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Catat, Ini Lokasi yang Disiapkan Pemrov DKI Jakarta untuk Saksikan Fenomena Supermoon

Rabu, 24 Januari 2018 16:15 by Dits | 1849 hits
Catat, Ini Lokasi yang Disiapkan Pemrov DKI Jakarta untuk Saksikan Fenomena Supermoon
image source: Astronomi.com

DREAMERS.ID -Fenomena langka akan terjadi dan bisa dinikmati di seluruh wilayah Indonesia. Fenomena tersebut adalah Supermoon atau Gerhana Bulan Total (GBT) yang dikabarkan akan terjadi pada 31 Januari 2018 mendatang.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun telah mengeluarkan surat edaran terkait fenomena Gerhana Bulan Total. Edaran tersebut ditujukan kepada sejumlah kepala dinas termasuk Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya DKI Jakarta Tinia Budiarti. Menurut Tinia, Anies telah memberi instruksi untuk menyiapkan sejumlah lokasi di wilayah Jakarta untuk menyaksikan fenomena Gerhana Bulan Total.

"Iya benar, kami telah menyiapkan lokasi untuk menyaksikan fenomena gerhana bulan total pada 31 Januari 2018 pukul 17.00 sampai 23.00 di beberapa lokasi yang dibuka untuk umum," kata Tinia mengutip dari laman Kompas.com, Rabu (24/1).

Namun belum bisa dipastikan apakah di lokasi tersebut akan dipungiut biaya atau gratis. "(Soal biaya) saya akan minta arahan Pak Gubernur dulu," lanjutnya.

Baca juga: Tak Hanya Fenomena Langka 'Superblood Moon', Akan Ada Planet 'Mengintip' 28 Juli Dini Hari Nanti!

Berikut sejumlah lokasi yang disiapkan oleh Pemrov DKI Jakarta:
1. Planetarium Taman Ismail Marzuki
2. Tugu Monas
3. Perkampungan Budaya Betawi (Setu Babakan, Lenteng Agung, Jakarta Selatan)
4. Taman Fatahillah
5. Kepulauan Seribu
6. Taman Mini Indonesia Indah

Sementara itu, menurut Peneliti Pusat Sains Antariksa Lapan Drs Gunawan Admiranto mengungkapkan, kalau Gerhana Bulan Total yang akan terjadi pada 31 Januari 2018 bisa disaksikan masyarakat di Indonesia selama lebih kurang 1 jam 16 menit. Sedangkan pada pukul 18.48 masyarakat bisa melihat proses gerhana bulan sebagian.

“Jadi, gerhana bulan total bisa disaksikan 31 Januari nanti. Dimulai sekitar pukul 18.48 bisa melihat gerhana parsial dan pukul 19.51 hingga 21.07 adalah puncaknya (gerhana bulan total),” ujar Gunawan, Selasa (23/1).

(dits)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)