home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Inikah Penyebab Utama Gempa Guncang Wilayah Banten 3 Kali dalam Sepekan?

Jumat, 26 Januari 2018 18:34 by Dits | 2854 hits
Inikah Penyebab Utama Gempa Guncang Wilayah Banten 3 Kali dalam Sepekan?
image source: BBC

DREAMERS.ID - Guncangan gempa susulan yang terjadi di Lebak, Banten pada Jumat (26/1) siang terasa hingga wilayah Jakarta dan sekitarnya. Gempa berkekuatan 5,1 SR ini diketahui berpusat di laut pada jarak 72 km arah baratdaya Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, di kedalaman 26 km.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan kalau gempa yang terjadi merupakan gempa susulan pada Selasa 23 Januari 2018 yang kala itu berkekuatan 6 SR (sebelumnya diberitakan 6.4 SR).

"Gempa bumi selatan Lebak Banten ini termasuk dalam klasifikasi gempa berkedalaman dangkal," ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Moch Riyadi, mengutip laman Liputan6, Jumat (26/1).

Baca juga: Ini Penyebab Gempa 4.8 SR Sumedang Menurut Badan Geologi

Menurut Moch Riyadi, gempa yang terjadi beberapa kali ini karena adanya aktivitas di dasar laut karena pergerakan lempang Indonesia-Australia. "Akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempang Eurasia," lanjut Moch Ruyadi.

Seperti yang diberitakan, sehari berselang gempa pertama terjadi pada Selasa, 23 Januari 2018, gempa kembali terjadi pada Rabu, 24 Januari 2018 pukul 13.32 WIB dengan kekuatan 5,1 SR. Saat gempa terjadi, warga Jakarta yang beraktivitas langsung berhamburan keluar ruangan mencari tempat yang aman.

(dits)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)