home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pernyataan Forum Stovia Ragu Perawat RS Surabaya Lakukan Pelecehan yang Dikritik Habis Netizen

Senin, 29 Januari 2018 11:35 by reinasoebisono | 2141 hits
Pernyataan Forum Stovia Ragu Perawat RS Surabaya Lakukan Pelecehan yang Dikritik Habis Netizen
Image source: Tempo.co

DREAMERS.ID - Kasus pelecehan seksual yang dilakukan seorang perawat pria RS National Hospital Surabay masih belum berakhir. Meski pelaku telah ditahan pihak kepolisian, namun Persatuan Perawat Nasional Indonesia atau PPNI dan Forum Stovia JogloSemar meragukan kejadian viral tersebut.

Menurut pihak Stovia, yang dilakukan tersangka Junaedi kepada korban pasien wanita berinisial W dinilai hanya bagian dari tugas. Melansir Tempo, tugas tersebut adalah melepas sadapan disposible ECG (Electrocardiograph) Electrode yang menempel di sekitar dada pasien. Sadapan itu berjumlah enam buah dan tiga di antaranya memang menempel di sekitar dekat puting pasien.

"Pasien yang dalam keadaan recovery operasi, kesadaran dari pasien belum bisa sadar sepenuhnya, jadi ektrokardiogram atau EKG yang dilepas di daerah payudara bisa menyentuh areola mamae," kata Konsultan Hukum Forum Stovia JogLoSemar, Budiman.

Menurut Budiman, justru seharusnya kebenaran video viral tentang pengakuan pelecehan itu yang harus dikaji ulang. Karena menurutnya, hampir tak mungkin pasien di bawah pengaruh obat bius bisa merasakan pelepasan sadapan itu.

"Jadi kalau seseorang sehabis dioperasi, pengaruh anestesi dan alat alat yang ada di daerah dada di lepas jelas tidak terasa karena masih pengaruh anestesi," kata dia.

Baca juga: Nick Carter Bantah Lakukan Pelecehan Seksual pada Fans Disabilitas

PPNI membuat rilis tertulis soal video viral yang dinilai menggiring opini masyarakat dan menimbulkan ketidaknyamanan pada petugas medis di rumah sakit lainnya. Rumah sakit dinilai sebagai tempat yang steril dari perekaman baik suara maupun video berdasarkan pasal 48 dan pasal 51 Undang-undang Nomor 29 Tahun 2004 tentang Praktek Kedokteran serta Pasal 40 Undang Undang Nomor 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi.

Hal ini membuat netizen mengkritik habis soal sikap Stovia. Pasalnya, pelaku perawat itu sudah mengaku melakukan pelecehan dan mengatakan khilaf dalam video tersebut. Tak sedikit yang berpendapat baiknya pasien wanita ditangani perawat wanita pula.

“Forum stovia yang terhormat.......wong pelaku nya jg uda ngaku kok kalo memang benar dia melakukan pelecehan,” tulis akun windw. “Tetep aja ya, apa pihak RS ga sebaiknya ngasih perawat wanita. Saya sebagai perempuan sih nggak mau ya disentuh2 walau dengan alasan begitu,” kata Puti Nilam Sari.

“Perawatnya sendiri ngaku kilaf bukannya?” tambah Kevin Nauli. “Maaf2 aja perasaan Udah jelas2 pelakunya udah ngaku khilaf..klo emang dia ga salah ngapain juga kabur..malu atuh,” lanjut akun bernama Lisoh.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)