home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sering Dicap Jelek, 'Micin' Ternyata Punya Manfaat Kesehatan

Senin, 29 Januari 2018 19:00 by fzhchyn | 2794 hits
Sering Dicap Jelek, 'Micin' Ternyata Punya Manfaat Kesehatan
Image source: Flickr

DREAMERS.ID - Bahan penyedap masakan yang satu ini memang sering dianggap tidak baik untuk kesehatan. Hal tersebut memang benar jika Monosodium Glutamat (MSG) atau yang biasa disebut micin atau vetsin dikonsumsi secara berlebihan.

Menurut Profresor Hardinsyah, Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia, micin justru punya manfaat kesehatan. Ia menjelaskan, pada 1992, Badan Kesehatan Dunia (WHO) sempat menyebut per hari konsumsi maksimal micin sebanyak 5 gram.

Namun, pada penelitian-penelitian berikutnya, tidak ada temuan perihal batas atas konsumsi micin. "Konsumsi micin dikatakan secukupnya, hingga rasa optimum yang ingin dicapai," katanya, mengutip dari CNN Indonesia. Nah berikut adalah beberapa dampak positif mengkonsumsi MSG secukupnya.

1. Mengurangi konsumsi garam

Beberapa orang menyiasati pengurangan MSG dengan memadukan gula dan garam. Perpaduan gula dan garam memang menciptakan rasa gurih pada masakan. Akan tetapi Hardinsyah menjelaskan, MSG terdiri dari natrium (12 persen), glutamat (78 persen) dan air (10 persen). Jumlah natrium atau garam dalam MSG tak seberapa jika dibanding garam dapur yakni sebanyak 36-39 persen.

2. Mempercepat waktu cerna makanan

Saat makanan dikonsumsi, pencernaan dimulai saat makanan dikunyah. Glutamat pada MSG merangsang produksi saliva sehingga makanan lebih cepat halus saat dikunyah. Kemudian proses ini berlanjut hingga ke lambung dan usus. Menurut Hardinsyah, makan lauk pauk dengan MSG lebih mudah dicerna daripada yang tidak.

3. Meningkatkan selera makan dan kualitas hidup lansia

Berdasarkan penelitian Kenji Toyama dari Universitas Kanagawa, MSG mampu meningkatkan asupan gizi karena nafsu makan bertambah. Selain itu, kualitas hidup lansia ini juga meningkat. Penelitian ini melibatkan 11 lansia di sebuah rumah sakit. Selama dua bulan, mereka diberi bubur dengan tambahan MSG sebanyak 0,5 persen. Artikel penelitian pun diterbitkan dalam Biological & Pharmaceutical Bulletin pada 2008.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)